Asari, Febry Faiza (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAMATERI PECAHAN MELALUI STRATEGI COURSE REVIEW HOORAY PADA SISWA KELAS VA MI MA’ARIF ROWOSARI KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi febry faiza2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Asari, Febry Faiza. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Strategi Course Review Hooray pada Siswa Kelas VA MI Ma’arif Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pebimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika dan Strategi Course Review Hooray Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VA MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarangyang masih rendah terbukti dengan banyaknya siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Hal ini dikarenakan siswa kurang memperhatikan guru saat kegiatan pembelajaran berlangsungyang menyebabkan peserta didik kurang memahami materi yang diajarkan, sehingga penelitimenerapkan strategi Course Review Hoorayguna meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas VA MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Course Review Hooraydapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas VA MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang yang berjumlah 24 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi.Instrumen penelitian meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, soal tes dan lembar observasi. Data analisis secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil belajar menunjukkan bahwa strategi Course Review Hooray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarangtahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II 25%, yaitu siklus I 66,6% siswa tuntas belajar dan siklus IIterdapat 91,6% siswa tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 17:15 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 17:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6139 |
Actions (login required)
View Item |