Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Team Assisted Individulization (TAI) Pada Siswa Kelas VIIH di SMP N 10 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019

Istianasari, Dwi (2019) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Team Assisted Individulization (TAI) Pada Siswa Kelas VIIH di SMP N 10 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DWI ISTIANA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Istianasari, Dwi. 2019. Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas VII-H SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Tadris Matematika dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Jaka Siswanta, M.Pd. Kata kunci: Team Assisted Individualization, Hasil Belajar, Penyajian Data Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar Materi Penyajian Data dengan menggunakan Metode Team Assisted Individualization pada Siswa Kelas VIIH SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Matematika dan siswa kelasVII-H SMP Negeri 10 Salatiga yang terdiri dari 29 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas (PTK), atau dalam bahasa Inggris sering disebut dengan Classroom Action Research, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru dikelas dengan penekanan pada menyempurnaan atau praktek dan proses pembelajaran. Penelitain ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu terdiri dari 1) Planning, untuk mengindentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya. 2) Acting, Melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil belajar melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observsi, tes, dan dokumentasi. Analis data yang digunakan peneliti adalah dianalisis secara statistik menggunakan rumus hitung nilai rata-rata dan presentase, apabila 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian pada Pra siklus, Siklus I, siklus II diperoleh data sebagai berikut: standart KBM mata pelajaran Matematika di SMP Negeri 10 Salatiga adalah 64, hasil pra siklus terdapat 8 siswa atau sekita 27,5% siswa yang tuntas dan terdapat 21 siswa atau sekitar 72,5% siswa yang tidak tuntas dengan rata rata 58,10. Pada tahap siklus 1 dengan siswa tuntas 17siswa atau 58,6% dan tidak tuntas 12 siswa atau 41,4 % dengan nilai rata-rata 60,06 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan siswa tuntas 25 siswa atau 86,2% dan tidak tuntas 4 siswa atau 15,8% dengan nilai rata-rata 80. Peningkatan pada siklus II terjadi karena sekitar 25 siswa sangat senang dan antusias. Mereka sangat menyukai metode Team Assisted Individualization (TAI). Pada siklus II hasil pencapaian sudah sesuai dengan harapan. Namun siswa yang belum tuntas di siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan latihan atau remediasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar pada materi penyajian data.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:39
Last Modified: 24 Sep 2019 07:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6169

Actions (login required)

View Item View Item