PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI HADIS TENTANG KEBERSIHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IX SEMESTER II DI SMP AL-ISLAM SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DEWI, VIVI SILVIA (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI HADIS TENTANG KEBERSIHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IX SEMESTER II DI SMP AL-ISLAM SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI VIVI SILVIA DEWI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dewi, Vivi Silvia. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Hadis Tentang Kebersihan Lingkungan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IX Semester II di SMP AL-ISLAM SURUH Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Sutrisna, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Problem Based Learning Hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP AL-ISLAM SURUH masih rendah terbukti dengan hasil belajar yang belum mencapai KKM 75. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan membosankan, kurang aktifnya siswa menjadikan mereka pasif dan kurang mampunya siswa dalam memecahkan masalah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah penerapan model problem based learning pada pendidikan agama Islam materi hadis tentang kebersihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX semester 2 SMP Al-Islam Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 ? Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2019 dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2019. Penelitian dilaksanakan pada kelas IX SMP AL-ISLAM SURUH dengan jumlah 18 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 2 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi hadis tentang kebersihan pada siswa kelas IX SMP AL-ISLAM SURUH Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi hadis tentang kebersihan diketahui dengan hasil tes siklus I dan siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Rata-rata nilai siswa materi hadis tentang kebersihan pada kondisi awal (Pra-siklus) 48,9% dengan ketuntasan sebesar 11,1% (2 siswa) dari 18 siswa yang mencapai nilai ? 75 (nilai KKM). Siklus I sebesar 65% dengan ketuntasan 33,3% (6 siswa) yang mencapai nilai ? 75 (nilai KKM). Siklus II sebesar 86,6% dengan ketuntasan 94,5% (17 siswa) yang mencapai nilai ? 75 (nilai KKM).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2019 14:56
Last Modified: 24 Sep 2019 14:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6173

Actions (login required)

View Item View Item