IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO GEDANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019

Zabid, Achmad (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO GEDANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ACHMAD ZABID 23010150059.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Zabid, Achmad. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Edi Mancoro Gedangan Kabupaten Semarang Tahun 2019. Skripsi. IAIN Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, PendidikanKarakter Dapat disimpulkan bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda dan karakter itu bawaan sikap seseorang yang dimana karakter terlahir dari keluarga dan lingkungan yang ditempati. Namun karakter bisa dirubah dengan kebiasaan dan menempatkan pada lingkungan yang lebih baik walaupun proses untuk merubah sikap atau watak tersebut sangat membutuhkan proses. Untuk saat ini pondok pesantrenlah yang paling berhasil yaitu merubah karakter seseorang karena keterbiasaan. Pertanyaan utama yang ingin peneliti jawab adalah : (1) Bagaimana Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Edi Mancoro? (2) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Pendidikan Karakter Pondok Pesantren Edi Mancoro? Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Informan dalam penelitian adalah Pengasuh, Dewan Asatid, Warga, dan Santri Pondok Pesantren Edi Mancoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumenter. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter terhadap orang lain dan diri sendiri santri Pondok Pesantren Edi Mancoro. Faktor pendukung Pendidikan Karakter menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, pemberian nasehat dan praktik. Sedangkan untuk Faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran santri dan bawaan. Nilai karakter yang ada di Pondok Pesantren salah satunya yang paling menonjol adalah Nilai Religius dan Nilai Sosial Bermasyarakat. Selain itu Keberagaman dan perbedaan merupakan sesuatu yang sebenarnya tidak menjadi halangan untuk kita hidup secara bersama dan berdampingan. Ketika orang-orang atau golongan-golongan masih terus mendebatkan perbedaan tersebut, Pondok Pesantren Edi Mancoro sudah dari awal memberikan pemahaman tentang bagaimana cara kita untuk bisa hidup berdampingan satu sama lain itu yang disebut Nilai Pluralisme.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 00:06
Last Modified: 25 Sep 2019 00:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6179

Actions (login required)

View Item View Item