PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ulinuha, Muhammad (2019) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nuha, Muhammad Ulin. 2018. Peran Guru dan Orang Tua Terhadap Pembinaan Keagamaan Sisa Kelas VIII di SMP N 2 Banyubiru Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Fatchurohman, S.Ag., M. Pd. Kata Kunci : Peran Guru, Peran Orang Tua, Pembinaan Keagamaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan orang tua dalam pembinan keaamaan siswa kelas VIII di SMP N 2 Banyubiru dan faktor pendukung dan penghambat peran guru dan orang tua dalam pembinaan keagamaan siswa kelas VIII di SMP N 2 Banyubiru tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini dimasukkan ke dalam kategori kualitatif dari aspek data dan analisisnya. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni wawancara dengan guru PAI, guru lain, orang tua, siswa dan sumber data sekunder yang berupa foto, hasil observasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiian ini, sebagai berikut : (A) peran guru dan orang tua dalam pembinan keaamaan siswa kelas VIII di SMP N 2 Banyubiru tahun ajaran 2018/2019 diantaranya adalah : (1) Sebagi pengaruh/director yaitu melalui (a) pencontohan menebarkan ucapan salam, kegiatan silaturahim, ikut berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan, infak di peruntuhkan untuk guru (GNOTA), piket setiap pagi untuk menyalami siswa, berkata baik, bersikap akhlakul karimah. (b) pembiasaan, seperti adanya pembiasaan sholat, syodaqoh. (c) melalui penanaman tenggang rasa seperti memberikan sumbangan ke panti asuhan, infak setiap jumat, dan memberikan bantuan kepada kurban bencana. (d) Inisiator, menciptakan ide kreatif dalam sebuah pembelajaran. (e) Fasilitator, dengan memberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses belajar mengajar, misalnya saja dengan menciptakan suasana kegiatan belajar yang sedemikian rupa, serasi dengan perkembangan siswa. (f) Peran Orang Tua dalam membina keagamaan siswa yaitu bijak dalam mendidik anak dengan memotivasi dan mendorongan anak untuk mengikuti kegitan keagamaan dirumah. (B) faktor pendukung dan penghambat peran guru dan orang tua dalam pembinaan keagamaan siswa kelas VIII di SMP N 2 Banyubiru tahun ajaran 2018/2019 diantaranya : (a) ada sarana dan prasarana yang memadai dan mendukung. (b) Lingkungan banyak ditemukan kurangnya dukungan dari masyarakat, kurangnya pengetahuan dimasyarakat, kurangnya. (c) pengaruh kemajuan tekhnologi yang membawa perubahan baik dalam sisi positif maupun negatif, namun hal ini tidak disadari oleh anak terhadap penggunaan media sosial. ?

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 00:23
Last Modified: 25 Sep 2019 00:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6180

Actions (login required)

View Item View Item