ROHIM, NUR (2019) Efektivitas TV Youtube IAIN Salatiga Sebagai Media Penyebaran Informasi dan Dakwah. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi NUR ROHIM - 43010150037.pdf Download (3MB) |
Abstract
Efektivitas TV Youtube IAIN Salatiga Sebagai Media Penyebaran Informasi dan Dakwah Kata Kunci: Efektivitas, Youtube, TV Youtube, IAIN Salatiga TV Youtube merupakan media sosial yang di dalamnya terdapat beragam informasi berupa video, pengguna dapat mencari informasi dari setiap channel yang ada, bahkan membuat channel miliknya sendiri. Dari channel tersebut pula penyebaran informasi terjadi, gambaran tersebut seperti proses produksi pada stasiun televisi di perangkat TV namun dikemas dalam media sosial (Rulli Nasrullah, 2016:32). Yang melatar belakangi penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana efektivitas TV Youtube IAIN Salatiga (channel Iainsalatiga Tv) dengan melihat faktor pendukung dan penghambat yang ada. Selain itu ingin mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa terkait objek penelitian ini untuk masa mendatang. Awal penelitian, peneliti mengamati TV Youtube IAIN Salatiga ini dalam jangka 1 tahun kurang 26 hari (4 Juni 2018 – 9 Mei 2019). Penelitian telah dilakukan dengan menggunakan pendekatan Deskriptif kualitatfif, dengan memperhatikan teori yang digunakan Uses and Gratiificationoleh M. Gurevitch, Herbett Blumler dan Ellihu Katz muncul tahun 1974. Hasilnya, dilihat dari temuan sampel adalah efektivitas TV Youtube IAIN Salatiga (channel Iainsalatiga Tv)masih kurang namun memiliki peluang agar terus berkembang. Saat dilakukan penelitian, diketahui minat mahasiswa terkait youtube juga tinggi, hal tersebut dilihat dari hampir sebagian sampel memiliki channel favorit atau tujuan tertentu dan waktupenggunaan Youtube lebih dari 1 jam. Selain itu sampel juga dapat menggunakan media sosial Youtube dengan beragam cara, baik PC atau smartphone. Kajian deskriptif penelitian ini didapati bahwa TV Youtube IAIN Salatiga (channel Iainsalatiga Tv) adalah bagus hanya kurang menarik, diakses karena mendengar informasi sepintas, diakses karena tahu, tidak diketahui sebagian sampel dan konten diketahui namun tidak mengetahui channel. Selain itu peneliti juga mendapati berbagai faktor pendukung dan penghambat, serta gambaran ideal dimasa masa mendatang terkait objek penelitian. ABSTRAK SKRIPSI Oleh Nur Rohim - NIM : 43010-15-0037
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 10:22 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 10:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6194 |
Actions (login required)
View Item |