Hidayati, Elly (2019) Peningkatan hasil belajar IPS tema kayanya negeriku dengan menggunakan metode pair cheks dan media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri Sidokumpul Kec. Guntur Kab. Demak tahun pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
elly hidayati 23040150026.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Hidayati, Elly. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema Kayanya Negeriku dengan Menggunakan Metode Pair Cheks dan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sidokumpul Kec. Guntur Kab. Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M. Pd.I. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Metode Pair Cheks, Media Gambar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPS materi kayanya negeriku dengan menggunakan metode pair cheks dan media gambar siswa kelas IV semester II SD Negeri Sidokumpul Kec. Guntur Kab. Demak. Apakah metode pair cheks dengan media gambar dapat meningkatan hasil belajar IPS materi Kayanya Negeriku dengan menggunakan metode pair cheks dan media gambar pada siswa kelas IV semester II SD Negeri Sidokumpul Kec. Guntur Kab. Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode pair cheks dan media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dan 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, pengamatan, dan dokumentasi. Data penelitian ini diambil melalui pemberian tes formatif untuk mengetahui hasil belajar siswa, dengan materi pokok kayanya negeriku. Data dianalisis dengan menggunakan rumusan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukan metode pair cheks dengan media gambar dapat meningkatan hasil belajar IPS materi kayanya negeriku siswa kelas IV semester II SD Negeri Sidokumpul Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tahun pelajaran 2018/2019. Hasil belajar IPS pada pra siklus yang tuntas sebanyak 8 siswa (53,33%) sedangkan yang belum tuntas 7 (46,66%) dengan nilai rata-rata 58. Kemudian pada siklus I mengalami peningkatan dari kondisi awal (pra siklus) yang tuntas sebanyak 10 siswa (66,66%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa (33,33%) dengan nilai rata-rata 67,33. Dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yang tuntas sebanyak 13 siswa (86,66%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa (13,33%)dengan nilai rata-rata 73,33. Dari seluruh pembahasan dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil karena sudah mencapai batas keberhasilan klasikal sebesar 85% sehingga penelitian dihentikan sampai siklus II.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 10:34 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 10:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6195 |
Actions (login required)
View Item |