PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN MELALUI METODE PEER LESSON PADA SISWA KELAS VIII SMP IT DARUL FIKRI BAWEN KAB. SEMARANG TAHUN 2018

Ulya, Mala Hima (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN MELALUI METODE PEER LESSON PADA SISWA KELAS VIII SMP IT DARUL FIKRI BAWEN KAB. SEMARANG TAHUN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mala Hima Ulya (2018) : Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Peer Lesson pada Siswa Kelas VIII SMP IT Darul Fikri Bawen Kab. Semarang Tahun 2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, Pembimbing: Prof. Dr. Mansur. M.Ag. Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Menghafal Melalui Metode Peer Lesson Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an melalui metode peer lesson pada siswa kelas VIII SMP IT Darul Fikri Bawen Kab. Semarang Tahun 2018. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII A1 yang berjumlah 21 peserta didik. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari prasiklus sampai siklus ke II dan apabila 85% dari jumlah seluruh peserta didik dapat mencapai nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Hasil penelitian bahwa dengan menggunakan metode peer lesson dapat dijelaskan bahwa peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an dari pelaksanaan prasiklus, siklus I ke siklus ke II telah tercapai. Ketercapaian indikator keberhasilan penelitian ini ditunjukan dengan jumlah siswa yang telah mencapai KKM yaitu 95%. Keberhasilan dibuktikan pada prasiklus ada 7 peserta didik atau 33% yang tuntas sedangkan ada 14 peserta didik atau 67% belum tuntas. Pada pelaksanaan siklus I ada 17 peserta didik atau 80% yang tuntas, sedangkan ada 4 peserta didik atau 20% yang belum tuntas. Sedangkan dalam pelaksanaan siklus II ada 20 peserta didik atau 95% yang tuntas, sedangkan ada I peserta didik atau 5% yang belum tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menghafal pada siswa kelas VIII SMP IT Darul Fikri Bawen Kab. Semarang tahun 2018 dalam hal menghafal Al-Qur’an. Mengacu pada temuan tersebut maka metode peer lesson dapat menjadi pilihan metode untuk membelajarkan materi menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 11:10
Last Modified: 25 Sep 2019 11:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6199

Actions (login required)

View Item View Item