Halimah, Isti Nur (2019) PERAN GURU AGAMA DALAM PRAKTEK PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN LANGGULUNG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ISTI NURHALIMAH 23010150241-dikompresi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nurhalimah, Isti. 2019. Peran Guru Agama dalam Praktek Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung. Skripsi, Salatiga: Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag, M. Phil. Kata Kunci: Peran, Guru, Agama, Pendidikan Islam, Hasan Langgulung. Latar belakang dari penelitian ini adalah (1) bagaimana prespektif Hasan Langgulung tentang pendidikan Islam? (2) bagaimana prespektif Hasan Langgulung tentang peran guru agama dalam praktek pendidikan Islam? (3) dan relevansikah pemikiran Hasan Langgulung tentang peran guru dalam praktek pendidikan Islam pada era sekarang? Tujuan yang akan dicapai dalam Penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana prespektif Hasan Langgulung tentang pendidikan Islam, (2) mengetahui bagaimana prespektif Hasan Langgulung tentang peran guru agama dalam praktek pendidikan Islam, (3) dan mengetahui relevansi pemikiran Hasan Langgulung tentang peran guru agama dalam praktek pendidikan Islam pada era sekarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau dengan kata lain disebut library research yaitu, serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, memahami dan mencatat serta mengolah bahan penelitian sehingga diperoleh informasi yang jelas mengenai peran guru agama dalam praktek pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung. Metode penelitian ini adalah kualitatif dan penelitian ini mengambil objek dalam buku-buku karya Hasan Langgulung. Penelitian ini juga menggunakan beberapa metode analisis data, yaitu metode deskriptif, metode content analysis, dan metode interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahwa pendidikan Islam adalah bimbingan yang diberikan oleh seseorang agar ia berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam. (2) menurut Hasan Langgulung peran guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan saja. Tetapi juga sebagai motivator dan fasilitator dalam pembelajaran. (3) pemikiran Hasan Langgulung masih relevan dengan pendidikan saat ini khususnya pendidikan Islam. Karena dalam kurikulum 2013 dijelaskan bahwa pendidikan tidaklah hanya mengembangkan potensi intelektual atau kognitif saja namun juga mengembangkan potensi afektif dan psikomotorik peserta didik. Mengingat juga bahwa menurut Hasan Langgulung peran guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan saja namun juga sebagai motivator dan fasilitator dalam pembelajaran dan juga tujuan pendidikan dari Hasan Langgulung bahwa generasi muda yang harus mampu melaksanakan perintah-perintah Allah, generasi muda mampu bermasyarakat, generasi muda yang mampu berfikir ilmiah maka pemikiran Hasan Langgulung masih relevansi dengan pendidikan saat ini khususnya pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 13:55 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 14:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6214 |
Actions (login required)
View Item |