Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dan Relevansinya dengan Pendidikan Modern di Indonesia.

Ghoffrollah, Muhamad Hanif Slamet (2019) Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dan Relevansinya dengan Pendidikan Modern di Indonesia. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhamad Hanif SG (23010150316) PAI_compressed-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ghoffarollah, Muhamad Hanif Slamet. 2019. Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dan Relevansinya dengan Pendidikan Modern di Indonesia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing. Prof. Dr. H. Mansur, M.Ag. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Agama Islam, Modern, Pendidikan Modern di Indonesia Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan konsep pendidikan agama Islam perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyyah, 2) mendeskripsikan relevansi konsep pendidikan agama Islam Perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library research) dan pendekatan historis filosofis. Sumber data primer yang digunakan adalah buku karya Hasan bin Ali Al-Hijazy yang berjudul ”Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim”. Sedangkan sumber data sekunder adalah buku-buku dan jurnal yang relevan dan mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian sehingga dapat menjadi sebuah karya tulisan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Konsep pendidikan agama Islam perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyyah mencakup tarbiyah qalb (pendidikan hati) dan tarbiyah badan. Tujuan pendidikan yang diarahkah pada empat aspek yaitu: tujuan jismiyah (fisik), tujuan akhlakiyah (akhlak), tujuan fikriyah (akal), tujuan maslakiyah (skill). Sasaran pendidikan yang diarahkan pada sembilan sasaran pendidikan yaitu: Sasaran pendidikan perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyyah antara lain yaitu, tarbiyah imaniyah, tarbiyah ruhiyah, tarbiyah fikriyah, tarbiyah athifiyah (perasaan), tarbiyah khulukiyah (akhlak), tarbiyah ijtimaiyah, tarbiyah iradiyah (kehendak), tarbiyah badaniyah, tarbiyah riyadhah, dan tarbiyah jinsiyah. Konsep pendididikan agama Islam perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyyah menjelaskan bahwa pendidikan agama Islam tidak hanya memprioritaskan pendidikan pada aspek kognotif, afektif, dan psikomotorik saja , akan tetapi juga mementingkan pendidikan akhlak dan keimanan. 2) Konsep pendidikan agama Islam perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyyah relevan dengan pendidikan modern di Indonesia yang juga termasuk di dalam era globalisasi saat ini dimana dibutuhkan juga peningkatan akhlak dan keimanan. Sehingga lembaga pendidikan tidak hanya memberikan lulusan yang pandai dalam hal akademik saja namun juga memiliki akhlak yang mulia, serta ketrampilan yang baik, dan juga menciptakan lulusan yang beriman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 14:01
Last Modified: 25 Sep 2019 14:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6215

Actions (login required)

View Item View Item