METODE MENGHAFAL AL-QUR'AN DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DARUL FIKRI BAWEN TAHUN 2019 (STUDI KASUS DI ASRAMA PUTRI SMP IT DARUL FIKRI BAWEN)

Khoirinnisa, Rosidita Nuha (2019) METODE MENGHAFAL AL-QUR'AN DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DARUL FIKRI BAWEN TAHUN 2019 (STUDI KASUS DI ASRAMA PUTRI SMP IT DARUL FIKRI BAWEN). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
cover apik tenanfixxxyaaaaaaa (Autosaved).pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak : Khoirinnisa, Rosidita Nuha. 2019. Metode Menghafal Al-Qur’an di Islamic Boarding School Darul Fikri Bawen Tahun 2019 (Studi Kasus di Asrama Putri SMP IT Darul Fikri Bawen) Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muh Hafidz, M.Ag. Kata Kunci: Metode, Menghafal, Al-Qur’an. Islamic Boarding School Darul Fikri Bawen adalah sebuah lembaga yang menerapkan program menghafal Al-Qur’an, dimana para murid SMP yang tinggal di asrama diwajibkan untuk menghafal Al-Qur’an sebanyak 6 juz untuk persyaratan kelulusan akan tetapi jika belum mencapai batas yang ditentukan lembaga tersebut memberikan keringanan menghafal sebanyak 3 juz saja. Menghafal Al-Qur’an adalah suatu amalan yang sangat mulia dimata Allah swt, dan menghafal Al-Qur’an memiliki beberapa metode seperti: tahsin, muraja’ah, tasmi’, takrir, dan lain sebagainya. Adapun fokus penelitian: 1) Apa saja metode menghafal Al-Qur’an; 2) Apa saja hambatan-hambatan menghafal Al-Qur’an; 3) Bagaimana upaya untuk mengatasi masalah mengenai hambatan-hambatan menghafal Al-Qur’an di Islamic Boarding School Darul Fikri Bawen Tahun 2019. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) metode menghafal Al-Qur’an; 2) Hambatan-hambatan dalam menghafal Al-Qur’an; dan 3) Upaya mengatasi hambatan hambatan menghafal Al-Qur’an di Islamic Boarding School Darul Fikri Bawen Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan skunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode yang diterapkan oleh para santriwati Islamic Boarding School Darul Fikri yaitu metode tahsin, tasmi’, muraja’ah, dan takrir. 2) Faktor penghambat dalam proses menghafal Al-Qur’an santriwati : malas dalam mengulangi hafalan, lemah dalam melakukan hafalan, lupa, managemen waktu, kesulitan membedakan kalimat serupa tapi tak sama, banyak fikiran. 3) Upaya dalam mengatasi faktor penghambat: membuat jadwal pribadi, membaca kembali ayat-ayat yang sudah dihafal, sering muraja’ah, kurangi waktu bermain, membuat tanda pada kalimat yang serupa tapi tak sama, Banyak berdo’a dan istighfar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 14:21
Last Modified: 25 Sep 2019 14:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6222

Actions (login required)

View Item View Item