PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA DINASTI UMAYYAH DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII B MTS SUDIRMAN GETASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Benastuti, Restu (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA DINASTI UMAYYAH DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII B MTS SUDIRMAN GETASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Restu benastuti (23010-15-0208) - Copy.pdf

Download (6MB)

Abstract

Benastuti, Restu. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Perkembangan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Dinasti Umayyah dengan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas VII B Di MTs Sudirman Getasan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI).Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Institut Agama Negeri Salatiga.Pembimbing : Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Role Playing, Materi SKI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam melalui metode Role Playing pada siswa Kelas VII B MTs Sudirman Getasan Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik Kelas VII B MTs Sudirman Getasan. Proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus dengan metode Role Playing. Subyek penelitian sebanyak 29 siswa.Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes.Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Role Playingpada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mempermudah bagi guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan mengoptimalkan atau menuntaskan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian dan pembahasan dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Perkembangan Ilmu Pengetahuan pada Masa Dinasti Umayyah pada siswa kelas VII B MTs Sudirman Getasan Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 dan mempermudah guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa diterapkannya Metode Role Playingpada mata pelajaran SKI materi perkembanganilmu pengetahuan pada masa dinasti umayyah dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas VII B MTs Sudirman Getasan Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil presentase setiap siklusnya. Pada prasiklus hasil persentase ketuntasannya yaitu 20,68. Hasil persentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus I yaitu 75,86 % dan pada siklus II hasil persentase ketuntasannya yaitu 93,13%. Pada siklus II ini dihentikan karena 100% siswa telah mengalami ketuntasan, sehingga penerapannya Metode Role Playing tersebut dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar SKI materi perkembangan ilmu pengetahuan pada masa dinasti Umayyah kelas VII B MTs Sudirman Getasan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 07:33
Last Modified: 25 Sep 2019 07:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6225

Actions (login required)

View Item View Item