P, Muhammad Rifqi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI JUJUR DAN ADIL DENGAN METODE LISTENING TEAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
fix.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Pratama, Muhammad Rifqi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Jujur dan Adil dengan Metode Listening Team pada Peserta didik Kelas VIII SMP Islam Sunan Giri Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh,M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Materi Jujur dan Adil, Metode Listening Team. Peningkatan mutu pembelajaran banyak bergantung pada mutu guru dalam mengelola pembelajaran.Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti terhadap peserta didik SMP Sunan Giri ditemukan beberapa masalah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas antara lain, kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan saat pembelajaran berlangsung ketika guru menyampaikan materi ajar sebagian besar peserta didik kurang percaya diri baik bertanya maupun mengemukakan pendapat. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan metode listening team dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi sikap jujur dan adil pada peserta didik pada kelas VIII di SMP Islam Sunan Giri Salatiga tahun pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI materi jujur dan adil dengan metode listening team peserta didik kelas VIII di SMP Islam Sunan Giri Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Islam Sunan Giri Salatiga berjumlah 25 peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian ini meliputi RPP, lembar observasi guru dan lembar observasi peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila ? 85% peserta didik tuntas maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode listening team dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII di SMP Islam Sunan Giri Krasak Kecamatan Argomulyo Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan peserta didik yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II adalah 20%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I 76% peserta didik yang tuntas dan siklus II 96% peserta didik yang tuntas. Peserta didik yang belum tuntas belajar pada siklus II akan diberikan tindakan secara khusus berupa latihan-latihan atau remidiasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua peserta didik dapat tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 17:54 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 17:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6240 |
Actions (login required)
View Item |