UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA TAHUN 2019

Cholik, Ahmad Abdul (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi ahmad abdul kholiq (23010150321).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Abdul Cholik. 2019. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangani Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an Di SMP Islam Sunan Giri Salatiga tahun 2019 Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Pendidikan Agama Islam, Baca Tulis Al-Qur’an. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui 1) upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa 2) faktor pendukung upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani kesulitan baca dan tulis Al-Qur’an siswa 3) faktor penghambat upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani kesulitan baca tulis Al-Qur’an di SMP Islam Sunan Giri Salatiga Salatiga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SMP Islam Sunan Giri Salatiga yaitu a) dengan cara memberikan waktu khusus pada anak untuk belajar baca tulis Al-Qur’an. b) Membiasakan membaca Asma’ul Husna dan surat-surat pendek sebelum KBM di laksanakan, c) memberikan tempat belajar khusus dengan mengoptimalkan sumber belajar yang ada, d) melakukan pendekatan personal serta memahami karakter anak, e) sehingga guru dapat mengetahui permasalahan serta karakter siswa dan bisa memilih metode yang sesuai, f) bekerjasama dengan pengurus, ustadz pondok pesantren dan orang tua siswa agar dapat saling membimbing, mengarahkan serta meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar baca tulis Al-Qur’an. 2) Faktor pendukung upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani kesulitan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an meliputi dua faktor yaitu internal seperti a) rasa tanggu jawab dan kemauan belajar, b) memperhatikan saat pelajaran. kemudian faktor eksternalnya seperti, a) guru menggunakan berbagai macam metode yang sesuia dengan kemampuan siswa, dan metode yang digunakan adalah metode sorogan, kooparatif dan metode kontekstual., b) adanya kelas hafalan juz 30, extra tartil dan kaligrafi, c) adanya takhasus hafalan Juz Amma / juz 30 disetiap hari jum’at serta extra tilawah dan kaligrafi. Faktor penghambat meliputi dua faktor yaitu, internal seperti, a) kurangnya motivasi belajar b) rasa malas. Sedangkan faktor eksternalnya seperti, a) kurangnya dukungan dari orang tua, b) banyaknya tugas sekolah c) pengaruh teman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:52
Last Modified: 26 Sep 2019 04:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6245

Actions (login required)

View Item View Item