Imanniar, Merita (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI IMAN KEPADA RASUL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 3 TUNTANG SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Merita Imanniar 23010150191 .pdf Download (4MB) |
Abstract
Imanniar, Merita. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti Materi Iman Kepada Rasul Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tuntang Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Hj. Siti Farikhah, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, PAI dan Budi Pekerti, Model Pembelajaran Kooperatif, Make A Match.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Iman kepada Rasul pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tuntang Semarang tahun pelajaran 2018/2019.Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 3 Tuntang Semarang yang terdiri dari 20 peserta didik yaitu 10 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Adapun 1 peserta didik yang tidak masuk dikarenakan ijin. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan teknik pengumpulan data antara lain wawancara, observasi, tes formatif dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match hanya 36,84% (7 peserta didik) yang memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM), sedangkan 63,15% (12 peserta didik) belum memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) dengan nilai rata-rata 53,47. Meningkat pada siklus I yang menunjukkan bahwa nilai yang memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal sebesar 63,15% (12 peserta didik) sedangkan yang belum memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) sebesar 36,84% (7 peserta didik). Pada siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal sebesar 89,47% (17 peserta didik) dengan nilai rata-rata 85,19.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 07:54 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 07:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6248 |
Actions (login required)
View Item |