Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Menghindari Minuman Keras, Judi Dan Pertengkaran Dengan Metode Numbered Head Together Pada Siswa Kelas VIII B SMP N 07 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020

SIDIK, NUR AOFA (2019) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Menghindari Minuman Keras, Judi Dan Pertengkaran Dengan Metode Numbered Head Together Pada Siswa Kelas VIII B SMP N 07 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI PTK NUR AOFA SIDIK-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sidik, Nur Aofa. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekeri Materi Menghindari Minuman Keras, Judi Dan Pertengkaran dengan Metode Numbered Head Together Pada Siswa Kelas VIII B SMP N 07 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dra.Urifatun Anis, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Numbered Head Together, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Numbered Head Together pada materi menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 07 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan siswa kelas VIII B SMP Negeri 07 Salatiga yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Tes Tertulis digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan metode numbered head together dalam mata pelajaran PAI materi menghindari minuman keras, judi dan pertengkaran. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas siswa dan guru pada saat KBM berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini memiliki data hasil belajar siswa dan foto-foto kegiatan dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian hasil belajar siswa dengan ditandai adanya peningkatan kriteria ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PAI materi menghindari minuman keras, judi dan pertengkaran dengan metode numbered head together (NHT) pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 07 Salatiga terdapat peningkatan, hasil pra siklus menunjukan siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau 34% dengan rata-rata 67,51. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa atau sebesar 72% dengan rata-rata 79,65. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa atau sebesar 86% dengan rata-rata 84,65. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode numbered head together (NHT) dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 07 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 08:53
Last Modified: 26 Sep 2019 08:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6253

Actions (login required)

View Item View Item