IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI PONDOK PESANTREN NUR MUHAMMAD WIYONO GRABAG MAGELANG

Mutmainah, (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI PONDOK PESANTREN NUR MUHAMMAD WIYONO GRABAG MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Mutmainah Implementasi Pendidikan kesetaraan Paket B di Pondokm Pesantren Nur Muhammad Wiyono Grabag Magelang.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mutmainah. 2019. Implementasi Pendidikan Kesetaraan Paket B di Pondok Pesantren Nur Muhammad Wiyono Grabag Magelang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Wahyudhiana, M. M. Pd Kata Kunci: Pendidikan Kesetaraan Paket B; Pondok Pesantren Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan Kesetaraan Paket B yang ada di pondok pesantren Nur Muhammad Wiyono Grabag Magelang. Pertanyaan yang dijawab dari penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi pendidikan Kesetaraan Paket B di pondok pesantren Nur Muhammad Wiyono Grabag Magelang dan Problematika Pendidikan Kesetaraan Paket B di pondok pesantren Nur Muhammad Wiyono Grabag Magelang. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif. Sumber data primer yang diperoleh berasal dari informan yaitu dari penanggung jawab program, tenaga pendidik, santri dan pengurus pondok pesantren Nur Muhammad Wiyono Grabag Magelang, dan subjek penelitian ini adalah santri Nur Muhammad. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pondok pesantren Nur Muhammad wiyono Grabag Magelang telah mengadakan Program Kesetaraan Paket B sejak tahun 2010 hingga sekarag. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode wawancara dan observasi dari semua pondok pesantren di Kabupaten Magelang hanya ada 11 pondok pesantren yang mengikuti program Pendidikan Kesetaraan Paket B, salah satunya adalah pondok pesantren Nur Muhammad. Dengan beberapa pertimbangan dan alasan pondok pesantren Nur Muhammad mengikuti Pendidikan Kesetaraan Paket B, dibantunya tenaga pendidik, sarana dan prasarana, kurikulum, pembelajaran dan kegiatan yang mendukung akan adanya pendidikan kesetaraan paket b. Dalam perjalanan tidak lepas dengan problematika yang menjadi penghambat, begitu pula dengan Pendidikan Kesetaraan Paket B yang ada di pondok pesantren Nur Muhammad juga ada beberapa problematika yang menjadi sedikit terhambatnya Pendidikan Kesetaraan Paket B di pondok pesantren Nur Muhammad Wiyono Grabag Magelang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 12:40
Last Modified: 26 Sep 2019 12:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6276

Actions (login required)

View Item View Item