Meiriskita, Gita (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI DINASTI BANI UMAYYAH PELOPOR KEMAJUAN PERADABAN ISLAM MELALUI METODE MIND MAPPING SISWA KELAS VII G MTs NU UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Gabungan Skripsi Fiks 2019.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Meiriskita, Gita. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Keudayaan Islam Materi Dinasti Bani Umayyah Pelopor Kemajuan Peradaban Islam Melalui Metode Mind Map Siswa Kelas VII G MTs NU Ungaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Metode Mind Map Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam melalui metode mind mapping pada siswa kelas VII G MTs NU Ungaran Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VII G MTs NU Ungaran. Proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus dengan metode mind mapping. Mind Mapping merupakan cara kreatif bagi peserta didik secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran, atau penelitian baru. Subyek penelitian sebanyak 38 siswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes, dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Map pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mempermudah bagi guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan mengoptimalkan atau menuntaskan prestasi belajar peserta didik. Hasil belajar dan pembahasan dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Bani Umayyah Pelopor Kemajuan Peradaban Islam pada siswa kelas VII G MTs NU Ungaran Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 dan mempermudah guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil rata-rata setiap siklusnya. Pada Prasiklus nilai rata-rata yaitu 40,92. Nilai rata-rata tersebut meningkat pada Siklus I yaitu 65,92 dan pada Siklus II nilai rata-ratanya yaitu 80,52. Persentase ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu pada Prasiklus yang tuntas hanya 29%, pada Siklus I meningkat menjadi 61%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 89%. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, dan orang tua) untuk dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 12:59 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 12:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6278 |
Actions (login required)
View Item |