PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI JUJUR, AMANAH, DAN ISTIQOMAH MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII E SEMESTER I DI SMP NEGERI 4 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sari, Fitri Aprilia (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI JUJUR, AMANAH, DAN ISTIQOMAH MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII E SEMESTER I DI SMP NEGERI 4 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI (FITRI APRILIA SARI (23010150028) PAI).pdf

Download (4MB)

Abstract

Sari, Fitri Aprilia. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Jujur, Amanah, Dan Istiqomah Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas VII E Semester I Di SMP Negeri 4 Ambarawa Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahyudiana, M.M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, dan Role Playing Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Ambarawa pada mata pelajaran PAI. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya varian metode pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penggunaan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI materi Jujur, Amanah, dan Istiqomah kelas VII E Semester 1 di SMP Negeri 4 Ambarawa tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Ambarawa dengan jumlah siswa sebanyak 34 anak. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI materi Jujur, Amanah dan Istiqomah pada siswa kelas VII E di SMP Negeri 4 Ambarawa tahun pelajaran 2019/2020. Dibuktikan dengan hasil evaluasi siswa pra siklus yang mencapai KKM hanya 4 siswa dari 34 anak atau 11,76% dengan nilai rata-rata kelas 60,29. Pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa dari 34 anak atau 52,94% dengan nilai rata-rata kelas 73,11. Adapun pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 29 siswa dari 34 anak atau 85,29% dengan nilai rata-rata kelas pada siklus II ini adalah 83.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 13:26
Last Modified: 26 Sep 2019 13:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6284

Actions (login required)

View Item View Item