WARDANI, ROSDYANA KUSUMA (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGARANG MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS V SEMESTER I DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASAS ISLAM KALIBENING SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
BISMILLAH Skripsweet ROSDYANA 23040150065 FIX❤.pdf Download (6MB) |
Abstract
Wardani, Rosdyana Kusuma. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Pembelajaran Field Trip Pada Siswa Kelas V MI Asas Islam, Kalibening, Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Bahasa Indonesia; Metode Pembelajaran Field Trip. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru pada kelas V MI Asas Islam Kalibening, Salatiga yaitu guru kurang menggunakan variasi dengan hanya menggunakan kelas sebagai tempat belajar dan kurang memberikan motivasi kepada siswa, siswa tidak memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru, dan kurang rasa percaya diri. Untuk meningkatkan keterampilan berbahasa pada siswa kelas V MI Asas Islam Kalibening Saltiga yaitu melalui metode field trip. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: apakah penerapan metode field trip mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengarang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester I MI Asas Islam Kalibening Kota Salatiga Tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode field trip mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengarang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester I MI Asas Islam Kalibening Kota Salatiga Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Asas Islam yang berjumlah 27 siswa meliputi 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila ?85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran field trip dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Asas Islam, Kalibening, Kota Salatiga tahun 2019/2020. Peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 22,22% dan Siklus I ke Siklus II 29,63%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra Siklus 37,03% siswa tuntas belajar, pada Siklus I 60% siswa tuntas belajar dan Siklus II 88,88% siswa tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 06:28 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 06:28 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6287 |
Actions (login required)
View Item |