Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Berdirinya Dinasti Abbasiyah Dengan Metode Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas VIII C Di MTs Negeri 12 Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020

NURSEHA, MUHAMMAD (2019) Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Berdirinya Dinasti Abbasiyah Dengan Metode Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas VIII C Di MTs Negeri 12 Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Muhamad Nurseha, FTIK, PAI 2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurseha, Muhamad. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Berdirinya Dinasti Abbasiyah Dengan Metode Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas VIII C Di MTs Negeri 12 Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament dan Sejarah Kebudayaan Islam. Pembelajarn sejarah Kebudayaan Islam memerlukan inovasi pembelajaran yang menarik dan kreatif. Peserta didik MTs Negeri 12 Boyolali sangat menyukai pembelajaran yang aktif dan menarik. Metode teams games tournament merupakan metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Pada kelas VIII C terdapat beberapa peserta didik yang hasil belajarnya masih di bawah KKM, yaitu 14 siswa dari 24 jumlah siswa. Berdasarkan hal itu penulis mengadakan penelitian dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Berdirinya Dinasti Abbasiyah Dengan Metode Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas VIII C Di MTs Negeri 12 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam materi berdirinya Dinasti Abbasiyah pada siswa kelas VIII C di MTs Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya melewati 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/ observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di MTs Negeri 12 Boyolali penerapan metode teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam materi berdirinya Dinasti Abbasiyah pada siswa kelas VIII C di MTs Negeri 12 Boyolali tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari persentase hasil belajar yang meningkat dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 41,66% atau sebanyak 10 siswa dari 24 siswa. Pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas adalah 79,16% atau sebanyak 19 siswa. Adapun pada siklus II terdapat 22 siswa atau 91,66% telah mencapai KKM. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diketahui bahwa antara pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang pada mulanya hasil belajar peserta didik relatif rendah dapat mengalami kenaikan secara perlahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 13:34
Last Modified: 26 Sep 2019 13:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6292

Actions (login required)

View Item View Item