Sismawanti, Maudyana Agustin (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI HAJI MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DAN DEMONESTRASI DENGAN MEDIA MAKET SISWA KELAS V AP1 SEMESTER II SMK PGRI II SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
burning.pdf Download (4MB) |
Abstract
Judul skripsi : Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Haji Menggunakan Metode Simulasi dan Demonstrasi dengan Media Maket Siswa Kelas X.AP.1 Semester 2 SMK PGRI 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 . Abstrak : Sismawanti, Maudyna Agustin. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Haji Menggunkan Metode Simulasi dan Demonstrasi dengan Media Maket Siswa Kelas X.AP.1 Semester 2 SMK PGRI 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Fakultas dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Sutrisna S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, PAI, Metode Simulasi, Metode Demonstrasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi Haji pada siswa kelas X.AP.1 semester 2 SMK PGRI 2 Salatiga yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu ?70 (sesuai KKM yang diberlakukan di SMK PGRI 2 Salatiga) sekaligus dengan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Simulasi dan Demonstrasi dengan media Maket dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi Haji pada siswa kelas X.AP.1 semester 2 SMK PGRI 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa tiap siklusnya. Pra siklus siswa yang tuntas belajar 8 dengan presentase 26% yang tidak tuntas 23 siswa dengan presentase 74%. Sedangkan disiklus I siswa yang tuntas 18 dengan presentase 58% yang tidak tuntas 13 siswa dengan presentase 42%, siklus II siswa yang tuntas 30 dengan presentase 97% yang tidak tuntas 1 dengan presentase 3%. Presentase peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I 32% sedangkan dari siklus I ke siklus II 36%. Dengan ini siklus dihentikan karena indikator keberhasilan baik individu atau klasikal sudah terpenuhi, sedangkan 1 siswa yang belum tuntas diberikan remidiasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 13:53 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 13:53 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6295 |
Actions (login required)
View Item |