Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Shalat Berjama'ah (Studi pada SMK N I Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2018)

Khotimah, Khusnul (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Shalat Berjama'ah (Studi pada SMK N I Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2018). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
fik2_compressed.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Khotimah , Khusnul. 2018. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Shalat Berjama’ah di SMK N I Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2017/2018. Skripsi. Jurusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Djami’yatul Islamiyah, M. Ag. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan Shalat Berjama’ah. Skripsi ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan shalat berjama’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah siswa SMK N I Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Fokus masalah yang dikaji (1) Tingkat kedisiplinan shalat berjama’ah siswa SMK N I Wonosegoro Kabupaten Boyolali. (2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksnakan shalat berjama’ah SMK N I Wonosegoro Kabupaten Boyolali. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah siswa SMK N I Wonosegoro Boyolali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field reserach), yaitu memperoleh data melalui penyelidikan berdasarkan objek lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif yaitu melukiskan dan memaparkan objek yang diteliti sesuai dengan situasi ketika penelitian dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, display data, verifikasi data. Pengecekan keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kedisiplinan shalat berjama’ah siswa SMK N I Wonosegoro Kabupaten Boyolali belum maksimal karena belum penuhnya kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat berjama’ah. (2) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan shalat berjama’ah SMK N I Wonosegoro Kabupaten Boyolali adalah sebagai pembimbing, sebagai motivator, sebagai suri tauladan, sebagai evaluator. (3) Faktor pendukung dan penghambat meliputi peran aktiv guru Pendidikan Agama Islam, ketersediaan sarana dan prasarana ibadah, sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih terbatasnya sarana ibadah seperti masjid yang kurang luas, kurangnya dukungan keluarga, terbatasnya jumlah guru dan belum meratanya kesadaran siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 13:56
Last Modified: 26 Sep 2019 13:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6296

Actions (login required)

View Item View Item