PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MATERI MELALUI METODE DISCOVERY BERBANTU MEDIA ICT (INFORMATION, COMMUNICATION, TECHNOLOGY) PADA SISWA KELS V MIM GIRIMARGO KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Fitriana, Nicken (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MATERI MELALUI METODE DISCOVERY BERBANTU MEDIA ICT (INFORMATION, COMMUNICATION, TECHNOLOGY) PADA SISWA KELS V MIM GIRIMARGO KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi lengkap revisi akhir daftar wisuda.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fitriana, Nicken. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Materi Melalui Metode Discovery Berbantu Media Berbasis ICT (Information, Communication, Technology) Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Girimargo Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar siswa MI Muhammadiyah Girimargo saat pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode discovery berbantu media berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang materi pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Girimargo Kecamatan Miri Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Girimargo berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, lembar observasi guru dan siswa, serta jurnal harian. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan KBM. Tolok ukur keberhasilan ditentukan melalui pencapaian KBM dan kriteria klasikal. Penelitian ini menggunakan metode discovery berbantu media berbasis ICT sebelumnya masih menggunkan metode konvensional dan guru perlu berinovasi mengembangkan metode dan media. Guru menggunakan metode discovery agar anak belajar mencari dan menemukan materi yang belum diketahui. Penggunaan media berbasis ICT berupa komputer, internet dan mutimedia agar materi yang dirasa kurang pada buku bisa dicari dan ditampilkan. Selain itu agar anak lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan guru. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode discovery berbantu media berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar pra siklus 40% dengan rata-rata nilai 64,2 ke siklus I 68% dengan rata-rata nilai 67,4 terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I. Peningkatan hasil belajar siklus II 76% dengan rata-rata nilai 73,6 ke siklus III 92% dengan rata-rata nilai 79,4 ini membuktikan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II ke siklus III. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Discovery, Media Berbasis ICT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 14:06
Last Modified: 26 Sep 2019 14:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6299

Actions (login required)

View Item View Item