HUBUNGAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU PAI DENGAN GAYA BELAJAR SISWA DI SMP NUSANTARA TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2014

Sari, Wulan (2015) HUBUNGAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU PAI DENGAN GAYA BELAJAR SISWA DI SMP NUSANTARA TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana hubungan kompetensi paedagogik guru PAI di SMP Nusantara Tuntang tahun pelajaran 2014. 2) Bagaimana gaya belajar siswa di SMP Nusantara Tuntang tahun pelajaran 2014. 3) Adakah hubungan kompetensi paedagogik guru PAI dengan gaya belajar siswa di SMP Nusantara Tuntang tahun pelajaran 2014. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 36 responden, menggunakan rumus prosentase dan rumus korelasi statistik produk moment. TeknikPengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data tentang kompetensi paedagogik guru PAI (X)dan data tentang gaya belajar siswa (Y).Metode dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal ang berupa transkrip, catatan, buku, dan lain sebagainya dan melengakapi data yang diperoleh dari hasil angket. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: kompetensi paedagogik guru PAI mendapat kategori baik sebanyak 24 responden dengan prosentase 66,66 %, yang mendapat kategori cukup sebanyak 8 responden dengan prosentase 22,22 % dan yang mendapatkan yang mendapat kategori kurang sebanyak 4 responden dengan prosentase 11,11 %. Untuk gaya belajar siswa yang mendapat kategori baik sebanyak 16 responden dengan prosentase 44,44 %, yang mendapat kategori cukup sebanyak 11 responden dengan prosentase 30,56 % dan yang mendapat kategori kurang sebanyak 9 responden dengan prosentase 25 %.Uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan tentang kompetensi paedagogik guru PAI dengan gaya belajar siswa hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi (rhitung ) sebesar 0, 695 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 1% (0, 424) dan pada taraf signifikansi 5% (0, 329). Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi paedagogik guru PAI dengan gaya belajar siswa di SMP Nusantara Tuntang Tahun Pelajaran 2014.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2016 01:58
Last Modified: 16 Mar 2016 01:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item