Ma'arif, Syamsul (2019) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DENGAN METODE MODIFICATION BEHAVIOUR PADA SISWA KELAS XI SMK IT BENINDO KEC. KEDUNGJATI KAB. GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi PDF.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Ma’arif, Syamsul. 2019.Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Dengan Metode Modification Behaviour Pada Siswa Kelas XI TKJ SMK IT Benindo Kec. Kedungjati Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020.Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno, S.Si., M.Pd Kata Kunci: hasil belajar PAI,beriman kepada kitab-kitab Allah, metode Modification Behaviour. Penelitian ini bertujuan untuk meningktkan hasil belajar PAI materiberiman kepada kitab-kitab Allah Semester I dengan menggunakan metode modification behaviour pada siswa kelas XI TKJ SMK IT Benindo Kedungjati tahun pelajaran2019/2020. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa terdiri dari 19 siswa laki-laki, 5 siswa perempuan.Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18Juli sampai 27Juli 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksaan,observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitutes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitudengan membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai denganadanya peningkatan KKM di sekolah pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus Idan siklus II diperoleh data seperti berikut: KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 80, Setelah menggunakan metode modification behaviour dalam pembelajaranPAI pada siklus I diperoleh data sebesar 75% (18 siswa) tuntas dan 25% (6 siswa)yang belum tuntas, sehingga dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan 25%dengan nilai rata-rata kelas adalah 78,95. Setelah itu dilakukan refleksi siklus I,dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitusebesar 91,7% (22 siswa) tuntas dan 8,3% (2 siswa) tidak tuntas atau belummemenuhi KKM. Dengan demikian dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatanhasil belajar siswa sebesar 16.7% dengan nilai rata-rata kelas adalah 88,12. Dengankata lain sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu presentaseKriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 85% dengan standar KKM 80.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 17:21 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 17:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6333 |
Actions (login required)
View Item |