PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP TIPE POHON JARINGAN (NETWORK TREE) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I MI MA’ARIF SRATEN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Isnaini, Elisa (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP TIPE POHON JARINGAN (NETWORK TREE) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I MI MA’ARIF SRATEN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_ELISA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Itsnaini. Elisa.2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep Tipe Pohon Jaringan (Network Tree) Pada Siswa Kelas IV MI Maarif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Materi Sumber Daya Alam, Strategi Pembelajaran Network Tree Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran peta konsep tipe pohon jaringan (Network Tree) pada siswa kelas IV MI Ma’arif Sraten kecamaran Tuntang Kabupaten Semarang tahun ajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penellitian ini adalah sumber primer yakni hasil wawancara guru kelas dan hasil tes formatif siswa, sumber sekunder berupa foto-foto kegiatan selama pembelajaran berlangsung. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa nilai KKM di sekolah tersebut adalah 65, dan didapat ada 8 siswa yang sudah mencapai KKM dan dan 9 siswa belum mencapai KKM. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I nilai siswa mengalami peningkatan yaitu ada 11 siswa atau 65% dinyatakan sudah mencapai KKM dan 6 siswa atau 35% dinyatakan belum mencapai KKM. Kemudian nilai siswa mengalami peningkatan pada siklus II yaitu ada 15 siswa atau 88,2% dinyatakan sudah mencapai KKM dan 2 siswa atau 12% dinyatakan belum mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 09:28
Last Modified: 27 Sep 2019 09:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6355

Actions (login required)

View Item View Item