PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PENGGUNAANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA SISWA KELAS IV MI SABILUL HUDA KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2029/2020

Tristiyawan, Andi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PENGGUNAANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA SISWA KELAS IV MI SABILUL HUDA KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2029/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ANDI PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tristiyawan, Andi. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Penggunaannya Melalui Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) pada Siswa Kelas IV MI Sabilul Huda Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga Pembimbing Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran POE Berdasarkan hasil survei pendahuluan di MI Sabilul Huda Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang pada hari Sabtu, 20 Juli 2019 pada kelas IV, ditemukan beberapa permasalahan sehingga perlu dilaksanakannya penelitian. Secara Kriteria Ketuntasan Klasikal nilai ulangan siswa kelas IV belum memenuhi 85% yaitu hanya 17 siswa atau 47,2% dari 36 siswa yang tuntas dan 19 siswa atau 52,8% dari 36 siswa yang belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi energi dan penggunaannya melalui model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) pada siswa kelas IV MI Sabilul Huda Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan model pembelajaran POE. Subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus sampai dengan 26 Agustus 2019. Pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui pengamatan atau observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran IPA melalui model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi energi dan penggunaannya pada siswa kelas IV MI Sabilul Huda Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa bahwa pada pra siklus atau sebelum dilakukan tindakan, siswa yang mencapai ketuntasan hanya 17 siswa (47,2%) dari 36 siswa. Pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaran POE siswa yang tuntas KKM sebanyak 30 siswa (83,3%) dari 36 siswa. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu siswa yang tuntas KKM sebanyak 32 siswa (88,9%) dari 36 siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 10:00
Last Modified: 27 Sep 2019 10:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6361

Actions (login required)

View Item View Item