Khayati, Siti Nur (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN MELALUI STRATEGI GROUP RESUME DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI MI MA'ARIF GEDANGAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Siti Nur Khayati (skripsi).pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Khayati, Siti, Nur. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema Indahnya Kebersamaan melalui Strategi Group Resume dengan Media Gambar pada Siswa Kelas IV di MI Ma’arif Gedangan Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. H. Wahyudhiana, MM.Pd. Kata kunci : Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Strategi Pembelajaran Group Resume dan Media Gambar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran group resume dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia Tema Indahnya Kebersamaan materi gagasan pokok dan gagasan pendukung pada siswa kelas IV MI Ma’arif Gedangan Kab. Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah kelas IV yang terdiri dari 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: KKM pada mata pelajaran bahasa Indonesia dalah 75, sebelum menggunakan strategi pembelajaran group resume dengan media gambar hanya ada 12 siswa (35,3%) yang tuntas, sedangkan 22 siswa (64,7%) belum tuntas. Setelah menggunakan strategi pembelajaran group resume dengan media gambar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, pada siklus I diperoleh data 21 siswa yang tuntas (61,8%) dan 13 siswa belum tuntas (38,2%). Pada siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa (88,2%), sedangkan sebanyak 4 siswa (11,8%) belum tuntas. Terjadi peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I yaitu sebesar 26,5% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 26,4%. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran group resume dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia tema indahnya kebersamaan materi gagasan pokok dan gagasan pendukung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 11:45 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 11:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6373 |
Actions (login required)
View Item |