MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOTRI LEDENDRY KELOMPOK A DI RA AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Warohmah, Mawadah (2019) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOTRI LEDENDRY KELOMPOK A DI RA AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PDF-compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Warohmah, Mawadah. 2019. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Tradisional Gotri Legendry Kelompok A.2 di RA Al Bidayah Candi Bandungan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institute Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh M.Si. Kata Kunci: Bentuk Geometri, Permainan Tradisional Gotri Legendry Kemampuan mengenal bentuk geometri anak di RA Al Bidayah Candi kelompok A.2 menunjukkan bahwa masih rendah. Hal ini dibuktikan ada beberapa anak yang belum mampu mngenal bentuk-bentuk geometri. Selain itu anak di RA Al Bidayah Candi Bandungan masih perlu pembinaan dalam mengembangkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak. Rumusan masalah peneliti ini yaitu Apakah Permainan Tradisional gotri legendry dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak Kelompok A.2 di RA Al Bidayah Candi Bandungan tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui Permainan Tradisional Gotri Legendri dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak Kelompok A.2 di RA Al Bidayah Candi Bandungan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A.2 di RA Al Bidayah Candi Bandungan yang berjumlah 33 anak meliputi 15 laki-laki dan 18 perempuan. Instrument penelitian meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi anak dan guru, lembar evaluasi anak, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan tradisional gotri legendry dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk geometri kelompok A.2 di RA Al Bidayah Candi Bandungan tahun pelajaran 2019/2020. Presentase keberhasilan Siklus I terdapat 23 anak yang Belum Muncul (BM) dan 10 anak yang Mulai Muncul (MM) dengan pencapaian 30%. Siklus II terdapat 12 anak Berkembang Sangat Baik (BSB), 19 anak Berkembang Sesuai Harapa (BSH), dan 2 anak Mulai Muncul (MM). Dari Siklus I dan Siklus II telah melampaui kriteria ketuntasan yang di tetapkan yaitu 85% dari jumlah seluruh anak sudah mencapai 94% sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada Siklus II ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 13:55
Last Modified: 27 Sep 2019 13:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6397

Actions (login required)

View Item View Item