Rustriana, Ana Rizki (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Garis dan Sudut Melalui Strategi Pembelajaran Numered Heads Together(NHT)Pada Siswa Kelas VII C SMP N 2 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018\2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
jadi.pdf Download (4MB) |
Abstract
RustriAna, Ana Rizki.2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Garis dan Sudut Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas VII C SMP N 2 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci : Hasil Belajar. Strategi Numbered Heads Together (NHT) Penelitian yang dilakukan di SMP N 2 Bringin Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas VII C. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Garis dan Sudut pada siswa Kelas VII SMP N 2 Bringin Tahun Ajaran 2017/2018?. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Garis dan Sudut melalui strategi pembelajaran Kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII SMP N 2 Bringin. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama,yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi garis dan sudut pada siswa kelas VII C SMP N 2 Bringin tahun 2018/2019. Hasil belajar siswa pada pra siklus terdapat siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa atau 42,31% dan yang belum tuntas sebanyak 15 siswa atau 57,69% siswa dengan nilai rata-rata 63,69. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 61,54% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa atau 38,46% dengan nilai rata-rata 71,92. Dalam pencapaian ketuntasan pada siklus II sebanyak 24 siswa atau 92,31% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 siswa atau 7,69% dengan nilai rata-rata 87,69. Hasil dari siklus II menunjukkan bahwa siklus II telah berhasil dalam pencapaian indikator ketuntasan belajar yang ditentukan yaitu 85% dan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 92,31%. Maka siklus dihentikan dan dinyatakan berhasil
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 14:35 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 14:35 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6411 |
Actions (login required)
View Item |