Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Aplikasi Glosarium Fisika Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya pada Siswa Kelas VII MTs Al Uswah Bergas Tahun Pelajaran 2018/2019.

Hardiyanto, Iwan (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Aplikasi Glosarium Fisika Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya pada Siswa Kelas VII MTs Al Uswah Bergas Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI GLOSARIUM FISIKA TERHAD.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui hasil belajar IPA materi tata surya dalam model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas VII MTs Al Uswah Bergas tahun pelajaran 2018/2019, (2) Mengetahui hasil belajar IPA materi tata surya melalui model pembelajaran berbasis proyek dengan media aplikasi glosarium fisika pada siswa kelas VII MTs Al Uswah Bergas tahun pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dengan media aplikasi glosarium fisika terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al Uswah Bergas tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah control-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Uswah Bergas. Pemilihan responden penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Analisa data hasil penelitian menggunakan independent t-test dengan program IBM SPSS Statistic 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA materi tata surya pada kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (kontrol) nilai rata-rata pretest 50,91 dan nilai rata-rata posttest 67,35. (2) hasil belajar IPA materi tata surya pada kelas yang melalui model pembelajaran berbasis proyek dengan media aplikasi glosarium fisika (eksperimen) nilai rata-rata pretest 57,75 dan nilai rata-rata posttest 80,88. (3) Model pembelajaran berbasis proyek dengan media aplikasi glosarium fisika efektif terhadap hasil belajar IPA materi tata surya pada kelas VII MTs Al Uswah Bergas dengan nilai thitung (6,356) > ttabel (1,670) dan P value atau nilai signifikansi (0,000) < 0,05, karena nilai sig lebih kecil maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:42
Last Modified: 30 Sep 2019 02:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6444

Actions (login required)

View Item View Item