RETNO, DYAH AYU PRAWIDYA PINTOKO (2019) Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyyah Kelas A RA Perwanida 1 Sumowono Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Tahun 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Dyah Ayu Prawidya P.R.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian dalam Metode beryanyi dalam pembelajaran Huruf Hijaiyyah di RA Perwanida 1 Sumowono adalah untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran huruf hijaiyyah serta untuk mengetahui faktor-faktor mendukung dan menghambat dalam penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran huruf hijaiyyah di kelas A RA Perwanida 1 Sumowono Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan murid. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran huruf hijaiyyah di RA Perwanida 1 Sumowono dilakukan dengan bentuk metode bernyanyi aktif dan bernyanyi pasif. Dimana menyanyi pasif merupakan kegiatan utama dalam indera pendengaran yaitu dilakukan sebelum anak ikut serta dalam beryanyi, anak diajak untuk mendengarkan lagu terlebih dahulu. Sedangkan bernyanyi aktif yaitu dimana anak ikut serta dalam kegiatan bernyanyi baik individu, kelompok maupun bersamaan. Metode bernyanyi dalam pembelajaran Huruf Hijaiyyah di RA Perwanida 1 Sumowono dapat meningkatkan keaktifan siswa. Keaktifan siswa dalam penerapan huruf hijaiyyah dengan metode bernyanyi dapat dilihat dari keaktifan indera, akal, ingatan, dan emosional serta adanya partisipasi anak, kebebasan dari tekanan afektif, dan kekompakan atau keterlibatan siswa dalam memberikan respon dengan baik terhadap kegiatan pembelajaran huruf hijaiyyah. Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran huruf hijaiyyah. Adapun faktor pendukungnya yaitu penguasaan guru terhadap materi lagu huruf hijaiyyah, minat, media, situasi dan kondisi serta sebagian siswa sudah mengingat dengan baik ke 28 huruf hijaiyyah. Faktor penghambatnya yaitu sebagian kecil siswa masih ada yang acuh terhadap pembelajaran didepan, masih suka bermain sendiri ketika KBM Berlangsung, tidak memperhatikan penjelasan dari guru, tidak ada minat dalam belajar serta tidak memiliki keinginan dalam belajar. Padahal Guru menjadi pemegang utama dalam kelancaran pembelajaran huruf hijaiyyah dengan metode bernyanyi, karena sebelum guru mengajarkan lagu sebaiknya guru benar-benar faham akan lagu yang akan diajarkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 03:45 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 03:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6449 |
Actions (login required)
View Item |