Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi, Kegunaan dan Cara Menghemat Melalui Metode The Learning Cell dan Media Celengan Gambar Pada Siswa Kelas III MI Yaspi Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019

magelang), Tias Astuti (perpusda (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi, Kegunaan dan Cara Menghemat Melalui Metode The Learning Cell dan Media Celengan Gambar Pada Siswa Kelas III MI Yaspi Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi finish_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Astuti, Tias.2019. Peningkatan hasil belajar IPA materi sumber energi, kegunaan dan cara menghemat melalui metode the learning cell dan media celengan gambar pada siswa kelas III MI Yaspi Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode The Learning Cell, Media Celengan Gambar Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa MI Yaspi Kaponan saat pembelajaran IPA. pembelajaran IPA haruslah disesuaikan dengan perkembangan tingkat berfikir anak. Biasanya siswa SD masih menggunakan pola pikir yang konkrit. Dengan nilai KKM 70 banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM yang telah ditetapkan. Rumusan masalah yang dikaji adalah apakah dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell dan media celengan gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi, kegunaan dan cara menghemat pada siswa kelas III MI Yaspi Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Yaspi Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang dengan jumlah siswa 21 anak.Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaan dan cara menghemat pada siswa kelas III MI Yaspi Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019. Melalui metode The Learning Cell dan media celengan gambar terdapat peningkatan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu 28,57% siswa yang tuntas belajar,pada siklus I meningkat menjadi 47,61% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90,47%. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode The Learning Cell dan media celengan gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi, kegunaan dan cara menghemat pada siswa kelas III MI Yaspi Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2019 13:16
Last Modified: 30 Sep 2019 13:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6458

Actions (login required)

View Item View Item