Syarif, Muhammad Alwi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DI INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi-M-Alwi-Syarif.pdf Download (4MB) |
Abstract
Syarif, Muhammad Alwi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa Di Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Card Sort Dengan Media Papan Flanel Pada Siswa Kelas IV Semester 2 MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Peljaran 2018/2019.Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah.Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing Dra. UrifatunAnis, M.Pd.I Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Card Sort, Media Papan Flanel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya capaian hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPS khususnya materi keragaman suku bangsa di Indonesia yang masih berada di bawah KKM.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa melalui strategi card sort dengan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester 2 mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa di Indonesia MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah PTK atau Penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan juga refleksi.Adapun metode dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, dokumentasi, observasi. Adapun analisis data pada penelitian ini adalah dengan membandingkan hasil belajar yang dicapai siswa pada setiap siklus dengan KKM, sedangkan tolok ukur keberhasilan dalam penelitian ini adalah berdasarkan indikator keberhasil secara individu maupun indikator keberhasilan secara klasikal. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penggunaan strategi card sort dengan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi Keragaman Suku Bangsa di Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengannilai rata-rata siswa pada tahap pra siklus yang awalnya hanya mencapai 66,55 dengan persentase siswa yang telah tuntas hasil belajarnya mencapai 58,6% menjadi 74,13 dengan persentase siswa yang telah tuntas hasil belajarnya mencapai68,96% pada tahap siklus I. kemudian menjadi 80,34 dengan persentase siswa yang telah tuntas hasil belajarnya mencapai 86,2% pada tahap siklus II.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 13:27 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 13:27 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6461 |
Actions (login required)
View Item |