Hakim, Ahmad Zaim Al (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI MACAM-MACAM HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MELALUI MODEL KOLABORATIF DAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS III MI MA’HAD ISLAM KOPENG KEC. GETASAN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Lengkap,, (ZAIM).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Alhakim, Ahmad Zaim. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Melalui Model Kolaboratif Dan Media Puzzle Pada Siswa Kelas III MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Media Puzzle Pembelajaran IPA di MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang belum menggunakan berbagai model dan media pembelajaran yang aktif dan kreatif. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama materi macam-macam hewan berdasarkan jenis makanannya. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah 65. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kolaboratif dan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Pada Siswa Kelas III MI Ma’had Islam Kopeng Kecamtan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya melalui model pembelajaran kolaboratif dan media Puzzle pada siswa kelas III MI Ma’had Islam Kopeng Kec Getasan Kab Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa meliputi 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen penilaian meliputi RPP, lembar observasi guru dan siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalis secara statistik menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif dan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya pada siswa kelas III MI Ma’had Islam Kopeng Kecamtan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 25% dan Siklus II ke Siklus III 21,42%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 39,29% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 56,07. Pada Siklus II 64,29% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 68,92, dan Siklus III 85,71% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 80,17. Siswa yang belum tuntas belajar pada Siklus III akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidiasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 06:03 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 06:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6475 |
Actions (login required)
View Item |