GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA

Wati, Suci Hikmah (2019) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SUCI FIX .pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. 2) Mengetahui Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan instrumen kunci. Penelitian ini bertempat di SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru PAI, sedangkan informannya adalah kepala sekolah, guru PAI, staf TU, pengelola sekolah dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik observasi dan dokumentasi. Pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dengan model interaktif, yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam cenderung menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi. 1) Kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI sudah berhasil hal ini dapat dilihat dari kinerja pendidik yang baik. Kepala sekolah sering mengadakan pelatihan, yang mana pelatihan tersebut merupakan salah satu teknik pembinaan untuk menambah pengetahuan guru PAI dan memberikan kesenpatan kepada guru PAI untuk meningkatkan keterampilannya. 2) Kompetensi Profesionalisme guru PAI, dalam menyampaikan materi pelajaran guru PAI sangat relevan, sebelum pembelajaran guru PAI membuat rancangan pembelajaran terlebih dahulu, dalam menyampaikan materi guru PAI hanya mennyampaikan sedikit materi, tetapi mampu menjabarkan menjadi banyak, jelas dan mudah dimengerti. Di akhir pembelajaran guru PAI melakukan evaluasi berupa mengulang materi yang telah dibahas dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:58
Last Modified: 01 Oct 2019 07:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6478

Actions (login required)

View Item View Item