Ikhsan, Muhamad (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI KELAS VI DI MI NURUL ISLAM 1 WONOKERTO KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
20.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tentang peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Pertanyaan utama yang ingin dijawab adalah (1) apakah melalui penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pokok bahasan konduktor dan isolator di MI Nurul Islam 1 Wonokerto, dan (2) apakah melalui penggunaan metode inkuiri dapat mencapai target pencapaian KKM mata pelajaran IPA pokok bahasan konduktor dan isolator di MI Nurul Islam 1 Wonokerto. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung adalah sebagai berikut: (1) pembelajaran di MI Nurul Islam 1 Wonokerto masih menggunakan metode pembelajaran yang masih tradisional, (2) target pencapaian KKM mata pelajaran IPA di MI Nurul Islam 1 Wonokerto masih rendah. Seringkali pembelajaran di MI Nurul Islam 1 Wonokerto menggunakan metode pembelajaran yang tradisional dn guru kurang kreatif memodifikasi pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran dan terkadang siswa bosan dengan pembelalaran yang telah dilakukan. Berkaitan dengan hal tersebut, tingkat pencapaian KKM mata pelajaran IPA belum dapat tercapai secara maksimal. KKM mata pelajaran IPA di MI Nurul Islam 1 Wonokerto adalah sebagai berikut: (1) KKM Ideal/Nasional sebesar 75%, (2) KKM Individu sebesar 75% setara dengan KKM Nasional, dan (3) KKM Kelas sebesar 85%. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA khususnya pokok bahasan konduktor dan isolator di kelas VI MI Nurul Islam 1 Wonokerto dan penggunaan metode inkuiri dapat memenuhi target pencapaian KKM mata pelajaran IPA di kelas VI MI Nurul Islam 1 Wonokerto dengan hasil sebagai berikut: 1) pelaksanaan siklus I siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 44%, sedangkan siswa yaang tidak tuntas sebanyak 56%. 2) pelaksanaan siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 84% sedangkan tidak tuntas 16%. 3) pelaksanaan siklus III siswa yang mencapai KKM sebanyak 100% dan siswa yang tidak tuntas 0%. Adapun saran dari peneliti hendaknya kegiatan belajar mengajar memakai metode belajar yang bervariasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Mar 2016 02:38 |
Last Modified: | 16 Mar 2016 02:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/648 |
Actions (login required)
View Item |