Pengembangan Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Materi Bencana Alam.

Maunah, Siti (2019) Pengembangan Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Materi Bencana Alam. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
siti maunah 1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat membaca siswa kelas 1 yang disebabkan oleh buku pelajaran kurang menarik bagi siswa di MI YAKTI Sidorejo Tegalrejo Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan pengembangan cerita bergambar, mendeskripsikan pengembangan cerita bergambar sebagai media pembelajaran materi bencana alam, dan mengetahui tingkat efektifitas penggunaan pengembangan cerita bergambar sebagai media pembelajaran materi Bencana Alam kelas 1 MI YAKTI Sidorejo Tegalrejo Magelang. Metode penelitian yang yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) ). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas 1 MI YAKTI Sidorejo, satu ahli materi dan, satu ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil wawancara tidak terstruktur, observasi, angket dan soal tertulis untuk (Pretest dan Posttest). Jenis instrumen yang digunakan adalah angket, lembar catatan saran, serta kamera photo digital. Diseminasi dilakukan di Forum Kelompok Kerja Guru Kecamatan Tegalrejo. Hasil penelitian menunjukan bahwa MI YAKTI Sidorejo membutuhkan cerita bergambar sebagai media pembelajaran materi bencana alam. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE yakni tahap analisis dengan menganalisis kebutuhan cerita bergambar melalui wawancara dengan kepala sekolah; tahap desain dengan merancang story board dan tokoh cerita; tahap pengembangan dengan membuat cerita bergambar,membuat sketsa gambar,pewarrnaan dan pencetakan cerita bergambar; tahap implementasidilakukan dengan uji coba kelompok; dan evaluasi dilakukan dengan mengevaluasi dan menerbitkan cerita bergambar. Hasil uji coba kelompok kecil sebesar 87,72% dan uji kelompok besar sebesar 91,02%. Penggunaan cerita bergambar mampu meningkatkan nilai rata-rata kelas dari 59,75 menjadi 83,5 dan dapat meningkatkan hasil ketuntasan Kriteria Ketuntasan Minimum belajar dari 50% menjadi 100%. Sehingga media cerita bergambar tema 8 sub tema 4 materi Bencana Alam ini efektif dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:40
Last Modified: 02 Oct 2019 06:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6482

Actions (login required)

View Item View Item