Nuha, Muhkhamad Saifun (2019) APLIKASI TEORI PENAFSIRAN ‘DOUBLE MOVEMENT’ FAZLUR RAHMAN SEBAGAI UPAYA KONTEKSTUALISASI AYAT-AYAT QITAL DALAM ALQURAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
21514014.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Pustaka (Library Research), yang mengkaji ayat-ayat qit?l dengan menggunakan metode Double Movement Fazlur Rahman. Tulisan ini berawal dengan adanya pemahaman yang keliru dari beberapa golongan (seperti Islam Fundamentalis) mengenai perintah perang (qit?l) yang ada dalam Alquran. Begitu juga untuk meluruskan anggapan Barat yang menyatakan bahwa Islam adalah Agama pedang dan kekerasan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah; pertama, untuk mengetahui makna kata qit?l yang terdapat dalam Alquran. Kedua, untuk mengetahui konteks peristiwa ayat-ayat qit?l. Ketiga, untuk mengkontekstualisasikan ayat-ayat qit?l dengan menggunakan metode Double Movement. Sehingga ayat-ayat qit?l tersebut dapat kita ambil nilai moral dan tujuan umumnya untuk dapat diterapkan dalam problematika sekarang ini. Terlebih dahulu penelitian ini memfokuskan pada pemaknaan kata qit?l dalam Alquran. Setelah didapatkan makna dari qit?l beserta semua derivasinya dalam Alquran; yaitu berarti perang atau memerangi, kemudian penulis paparkan ayat-ayat qit?l. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui asb?b an-nuz?l serta mun?sabah (ketersambungan) diantara ayat-ayat yang ada. Selanjutnya adalah menerapkan metode Double Movement untuk memahami ayat-ayat qit?l dengan berbekal pemahaman historis yang ada. Sehingga, dengan langkah-langkah pemahaman yang penulis terapkan, penulis dapat membuktikan bahwasanya kehujjahan Alquran itu tidak terbatas waktu dan tempat, dan akan selamanya menjadi pedoman hidup umat manusia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Divisions: | Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Ilmu Alqur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 06:29 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 06:29 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6592 |
Actions (login required)
View Item |