Analisis Implementasi Relationship Marketing Untuk Meningkatkan Loyalitas Anggota di BMT Assa’adah.

MUSTIKA, SOFA AYUK (2019) Analisis Implementasi Relationship Marketing Untuk Meningkatkan Loyalitas Anggota di BMT Assa’adah. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
64010160031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mustika, Sofa Ayuk. 64010160031. Analisis Implementasi Relationship Marketing Untuk Meningkatkan Loyalitas Anggota BMT Assa’adah. Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi DIII Perbankan Syariah Institut Agama Islam (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Anton Bawono, M.Si. Penelitian ini di latarbelakangi oleh perkembangan lembaga keuangan syariah yang saat ini telah mengalami banyak perubahan dengan banyaknya lembaga keuangan syariah yang menjadikan posisi BMT sebagai salah satu lembaga keuangan syariah harus mampu bersaing secara kompetitif memiliki karakter tersendiri dalam bersaing, setiap lembaga keuangan yang dihadapkan dengan masalah mengenai marketing yang mengharuskan BMT mendapatkan sejauh mungkin segala sesuatu mengenai pesaingnya. Untuk mensiasati hal tersebut maka sebuah strategi relationship marketing yang membina hubungan jangka panjang yang dibutuhkan dalam meningkatkan kesetiaan anggota, relationship marketing merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk mempertahankan anggota. Dengan relationship marketing, komunikasi terhadap anggota terjadi secara terus menerus sehingga menimbulkan kepercayaan bagi anggota dan loyalitas anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan relationship marketing BMT Assa’adah dalam meningkatkan loyalitas anggota BMT Assa’adah dan untuk mengetahui analisis SWOT dalam relationship marketing terhadap anggota BMT Assa’adah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggunakan wawancara (manajer dan staff marketing) BMT Assa’adah serta kajian pustaka terdahulu untuk memberikan hasil yang baik dari penelitian ini. Di dalam penelitian ini penulis lebih mefokuskan kinerja staff marketing BMT Assa’adah dalam meningkatkan loyalitas anggota melalui penerapan relationship marketing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelayanan terhadap anggota, BMT Assa’adah mengedepankan pelayanan yang cepat dan efisien tanpa berbelit-belit. Dengan penggunaan sistem yang sudah komputerisasi, dan teknologi yang ada serta menjaga profesionalisme karyawan dalam melayani anggota sehingga bisa menciptakan anggota loyal. Dan Analisis SWOT yang dilakukan BMT Assa’adah yaitu memperluas pangsa pasar, memperkuat kerjasama, meningkatkan hubungan dengan instansi lain,dan meningkatkan loyalitas anggota BMT Assa’adah. Kata Kunci: Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan, Analisis SWOT, BMT Assa’adah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2019 08:04
Last Modified: 09 Oct 2019 08:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6635

Actions (login required)

View Item View Item