Musyahid, . (2015) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi PAI sebelum penerapan Metode Resitasi dan sejauh mana model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar khususnya pada materi PAI oleh siswa kelas V SDN Banyusari Tegalrejo Magelang Tahun Ajaran 2007/2008. Desain penelitian ini berupa kegiatan Tindakan Kelas,dengan subyek penelitian siswa Kelas V SDN Banyusari Tegalrejo Magelang Tahun Ajaran 2007/2008 sebanyak 43 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis individual pada akhir proses pembelajaran dan mengacu dokumentasi nilai pada materi PAI sebelum penggunaan suatu metode yakni Metode Resitasi. Adapun data yang diperoleh dari dokumentasi nilai pada materi PAI sebelum penerapan metode ini dan prestasi siswa akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dianalisis dengan menggunakan deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar yang meliputi Perhatian siswa, keaktifan siswa, dan prestasi siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan sebagai berikut : a. Perhatian siswa Dari 19 Siswa yang memperhatikan pada siklus I adalah 9 siswa, pada siklus II 14 siswa dan siklus III 17 siswa b. Keaktifan siswa Dari 19 Siswa yang aktif pada siklus I adalah 8 siswa, pada siklus II 13 siswa dan siklus III 16 siswa c. Prestasi siswa Nilai rata-rata kelas (RK) sebelum dilaksanakan siklus adalah 4 setelah siklus I nilai RK 5, setelah Siklus II nilai RK 6,53 dan setelah siklus III nilai RK 7,93 Jadi hipotesis yang penulis ajukan “Metode pembelajaran Resitasi dapat meningkatkan perhatian siswa,keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa dalam Materi PAI Kelas V SDN Banyusari Tegalrejo Magelang”, terbukti kebenaran dan kemanfaatannya. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
35.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
affât: 101 - 112. 2)Bagaimana konsep pendidikan partisipatif humanis menurut Q.S. Al-Shaffât: 101 - 112. 3) Bagaiman implemntasi konsep pendidikan partisipatif dalam Q.S. Al-Shaffât: 101 - 112. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, untuk memberi penjelasan terhadap ayattersebut, menggunakan metode studi pustaka (library research), maka langkah yangditempuh adalah dengan cara membaca, memahami serta menelaah buku-buku, kitab-kitab tafsir serta sumber-sumber yang berkenaandengan permasalahan yang ada, kemudian dianalisa.Sumber data adalah tafsir Al-Qur‟an surat Al-Shaffât ayat 101 -112. Kemudian dilengkapi buku dan ayat - ayat lain yang berhubungan dengan pokok bahasan skripsi ini.Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan pendekatankontekstual, yaitu “mendudukkan keterkaitan antara yang sentral dengan yangperifer adalah terapannya, yang sentral adalah studi tentang ayat -ayat Qur‟aniah, dan yang perifer adalah studi tentang ayat-ayat kauniah. Dalam menganalisis ayat penulis menggunakan metode maudhu’i, yakni menghimpun ayat-ayat Al-Qur‟an yang mempunyai maksud sama.Dalam arti sama-sama membicarakan satu topik masalah dan menyusun berdasar kronologi serta sebab turunnya ayat tersebut. Kemudianpenafsirmulaimemberikanketerangandanpenjelasansertamengambilkesi mpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1)Deskripsi dan munasabah Q.S. Al-Shaffât ayat 101-112 bercerita mengenai hal ikhwalmimpi Nabi Ibrahim as. Yang sejatinya wahyu dari Allah swt untuk mengorbankan anaknya sebagai bentuk keikhlasan dalam pengabdian. Munasabah dengan surat sebelum dan sesudahnya diantaranya adalah: surat Yasin dan Shad. Surat yasin bagian pertama mengisahkan tentang Nabi Ibrahim dan Isa dengan kaumnya. Bagian kedua tentang keadaan hari kiamat. Dalam surat Shad mengisahkan dua kutub yang saling berlawanan yaitu iman dan kafir serta sejarah nabi-nabi. 2) Konsep pendidikan partisipatif humanis dalam perspektif Islam menurut Q.S. Al -Shaffât ayat 101 – 112pendidikan berdasarkan tauhid, mengandung akhlak mulia, bersifat humanis, berkarakter, mempertimbangkan spiritual dan emosional, dialogis bermanfaat bagi umat. 3)Implementasi konsep pendidikan partisipatif humanis dalam persepektif Islam menurut Q.S. Al -Shaffât ayat 101 – 112 adalah pendidikan didasarkan tauhid, orientasi pada aspek afektif dan psikomotorik, pola student oriented, paham makna pendidikan, peningkatan motivasi belajar, proces oriented, sistem kejuruan diterapakan pada sekolah umum, perlu dukungan dan partisipatif semua pihak, guru bersifat profesional, prioritas dari pemerintah terhadap pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Mar 2016 03:12 |
Last Modified: | 16 Mar 2016 03:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/664 |
Actions (login required)
View Item |