A, Nurur Rahmah (2019) INTERNALISASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN RELIGIUS CULTURE DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 SURAKRAT. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
TESIS-dikompresi.pdf Download (835kB) |
|
Text
TESIS-dikompresi.pdf Download (835kB) |
Abstract
ABSTRAK Assa’iidah, NuururRahmah. 2019. InternalisasiPendidikanKarakterReligiusdalammeningkatkanReligious CulturepadaPembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK Negeri 7 Surakarta. Perkembangandunia yang semakinmajumembawabanyakdampakbaik yang mengarahpadahalpositifataumalahpadahal yang negatife, banyakpersoalan yang timbulbaikdarikalanganmasyarakatmaupunjugadarilembagapendidikan.Untukitupentingsekaliinternalisasinilaikarakter religious dalammeningkatkankualitasreligius culture sebagailangkahpreventif. Denganmelihatkondisipelajarsekarangini yang mengalamidekadensi moral danakhlak, banyaktindakan yang menyimpangdanjauhdarinilai agama dan moral yang dilakukanolehpelajar. Pendidikanhanyasebagaisimbol yang tanpaartidenganhanyamementingkanangkakelulusantanpamemperhatikannilai moral dan spiritual yang justrulebihpentingdarisekedarangka title kelulusan.FokuspenelitianadalahuntukmembahasInternalisasiNilaiKarakterReligiusDalamMeningkatkanKualitas Religious Culture PadaPembelajaranPendidikan Agama Islam.Dengan focus penelitianmencakup: (1) Nilaikarakter religious apakah yang ditanamkan (2) Strategiapa yang dilakukandalaminternalisasinilaikarakterreligius, (3) Bagaimana pandangan dan respon stakeholder internalisasinilaikarakter religious yang ditanamkan di SMK Negeri 7 Surakarta. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganmelakukanpendekatandeskriptifanalitik, pengumpulan data dilakukandengantehnikwawancaramendalam, observasidandokumentasi.Tehnikanalisa meliputireduksi data, display data danverifikasi data, pengecekankeabsahantemuandilakukandengancaraperpanjangankeikutsertaanpeneliti. Tehniktriangulasidenganmenggunakanberbagaisumber, teori, danmetodedanketekunanpengamatansumberinformanadalahKepala Sekolah , Guru Agama Islam, dansiswa. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa: (1) Nilai yang ditanamkanadalahnilaiIlahiyah yang berhubungandengantuhandannilaiInsaniayah yang berhubungandengan sesame manusianilaiiniadadalampemebelajaranpendidikan agama islam, (2) Strategi yang digunakan guru pendidikan agama islamdiawalidenganmelakukanperencanaanprogamkegiatan, melakukanpendekatanpadasiswasecara formal dannonformal, memberikanteladanpadasiswa, (3) Pandangan dan respon Stakeholder yaitu Menjalin komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orangtuasiswa, orang tua mengontrol kegiatansiswa, pihak sekolah dapat meminta laporan perilaku siswa dari orang tua dan masyarakat. Kata Kunci: NilaiKaraterReligius, Religius Culture, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 08:22 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 08:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6651 |
Actions (login required)
View Item |