MODEL PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA DI SMK AL-MA’ARIF DEMAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Umam, Akhmad Khotibul (2015) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA DI SMK AL-MA’ARIF DEMAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
43.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Karakteristik peserta didik SMK Al-Ma’arif Demak yang kebanyakan berjenis kelamin laki-laki menjadikan mereka kuranglembut dalam pergaulan, sehingga agak susah di atur, solidaritas yang dibangun pada anak-anak SMK terkadang malah menjadikan mereka berperilaku negatif dengan bertengkar hanya karena rasa solidaritas sesama teman, merokokdan berbicara. Ketiga kasus-kasus perkelahian yang selama ini terjadi pada anak SMK hanya disebabkan masalah sepele baik harga diri, solidaritas maupun urusan cinta yang menjadikan mereka mudah bertengkar, menghadapisebuah masalah, sekolah ini bekerja ekstra keras dalam membimbing karakter peserta didiknya melalui pendidikan karakter, pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk manusia secara utuh (holistik) yang berkarakter. Penelitian berfokus pada model pendidikan karakter Islami Pada Siswa di SMK Al-Ma’arif Demak Tahun Pelajaran 2013/2014 dan penerapan model pendidikan karakter Islami Pada Siswa di SMK Al-Ma’arif Demak Tahun Pelajaran 2013/2014 bagi pembentukan perilaku Islami pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Subyek penelitian adalah staf sekolah dan guru dalam proses penerapan model pendidikan karakter, dimana sumber utama dalam penelitian kepala SMK Al-Ma’arif Demak, wakil kepala sekolah dan guru SMKAl-Ma’arif Demak untuk memperoleh data pelaksanaan, pola pembinaan, pengalaman agama yang diberikan, langkah-langkah pelaksanaan, metode yangdiberikan dan problematika dalam penerapan model pendidikan karakter Islami diSMK Al-Ma’arif Demak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Model pendidikan karakter Islami Pada Siswa di SMK Al-Ma’arif Demak Tahun Pelajaran 2013/2014 dilakukan melalui proses penanaman karakter siswa baik di kelas dan diluar kelas, di dalam kelas pendidikan karakter dilakukan dengan memberikan materi yang mengarah pada akhlakul, pelaksanaan di sekolah meliputi kegiatan ibadah harian seperti sholat sunah dhuha dan rowatib, sholat berjamaah dhuhur dan ashar, dzikir dan doa bersama, membaca al-Quran dan hadist Bentuk pengamalan-pengamalan yang dilaksanakan meliputi bagian dari aspek ibadah, al-Qur'an hadits dan aspek akhlak. 2) Penerapan model pendidikan karakter Islami Pada Siswa di SMK Al-Ma’arif Demak Tahun Pelajaran 2013/2014 bagi pembentukan perilaku Islami pada siswa yaitu terciptanya siswa yang berakhlakul karimah melalui kebiasaan yang sudah mengkarakter pada diri peserta didik yaitu karakterakhlakul karimah, baik dalam kebiasaan sehari-hari di sekolah maupun di rumah baik dalam hal ibadah maupun sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2016 03:40
Last Modified: 16 Mar 2016 03:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item