HUBUNGAN INTENSITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENGHAYATAN KEAGAMAAN SISWA KELAS XII SMK NU UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Saifudin, Miftachul (2015) HUBUNGAN INTENSITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENGHAYATAN KEAGAMAAN SISWA KELAS XII SMK NU UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
49.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pelaksanaan pendidikan Islam bukanlah sekedar mengajarkan pengetahuan agama, hafal dalil-dalil maupun hukum-hukum Islam, dan sekedar mempunyai keterampilan dalam ibadah saja, akan tetapi pendidikan Islam bertujuan membentuk kepribadian anak sesuai dengan ajaran agama agar mempunyai akhlakul karimah dalam keseharian mereka. Maka, dalam pelaksanaan pendidikan Islam diperlukan adanya penghayatan dalam hati agar jiwa keagamaan anak didik mampu berkembang dan mempengaruhi prilaku dalam keseharian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas pelaksanaan pendidikan Islam dengan penghayatan keagamaan siswa kelas XII SMK NU Ungaran tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu dilaksanakan dengan menggunakan metode angket atau koesioner yang dibagikan kepada 98 responden. Kemudian untuk mengetahui hubungan variabel X dan Vaiabel Y yaitu dengan menggunakan Product Moment. Hasil penelitian dari variabel intensitas pelaksanaan pendidikan Islam dengan hasil mean 45,41 diperoleh data 87 (88,74%) responden berkategori Sangat Setuju (SS), 10 (10,2%) responden berkategori Setuju (S), 1 (1,02%) responden berkategori Kurang Setuju (KS), dan 0 (0%) responden berkategori Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Sedangkan hasil dari variabel penghayatan keagaamaan siswa dengan hasil mean 44,37 diperoleh data 79 (80,58%) responden berkategori Sangat Setuju (SS), 18 (18,36%) responden berkategori Setuju (S), 1 (1,02%) responden berkategori Kurang Setuju (KS), dan 0 (0%) responden berkategori Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Dari hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara intensitas pelaksanaan pendidikan Islam dengan penghayatan keagamaan siswa SMK NU Ungaran tahun pelajaran 2013/2014, hal ini dibuktikan dengan hasil ro= 0,626 yang dikonsultasikan dengan harga r tabel baik pada taraf kesalahan 1% (0,256) atau 5% (0,195) yang memiliki arti ro lebih besar atau sama dengan rt.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2016 03:52
Last Modified: 16 Mar 2016 03:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item