PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI JASA DAN PERAN TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH BLAGUNG KECAMATAN SIMO TAHUN AJARAN 2014/2015

SYARIFUDIN, UDIN (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI JASA DAN PERAN TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH BLAGUNG KECAMATAN SIMO TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, iain salatiga.

[img]
Preview
Text
Skripsi Syarifudin 11511004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syarifudin, 2015.Peningkatan PrestasiBelajar IPS Materi Menghargai Jasa Dan Peran Tokoh Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Blagung Kecamatan Simo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan .Jurusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing ;Dra. Sri Suparwi Kata kunci :Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Media Audio Visual. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar siswa MI Muhammadiyah Blagung saat pembelajaran IPS. Salah satu penyebabnya rendahnya prestasi belajar siswa adalah kurangnya media yang digunakanoleh guru saat pembelajaran. Media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah media sederhana yaitu buku dan globel. Rumusan masalah yang dikaji adalah apakah dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi menghargai jasa dan peran tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelasV MI Muhammadiyah Kecamatan Simo Tahun Ajaran 2014/2015? Apakah dengan media audio visual dapat memenuhi target pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) IPS materi menghargai jasa dan peran tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelasV MI Muhammadiyah Kecamatan Simo Tahun Ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Blagung Kecamatan Simo dengan jumlah siswa 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai rata-rata pada siklus I adalah 56,5 dan ketuntasan belajarnya 50% atau 10 siswa. (2) Nilai rata-rata pada siklus II adalah 65,5 dan ketuntasan belajarnya 75%. (3) Nilai rata-rata pada siklus III adalah 83,5 dan ketuntasan belajarnya 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah Pembelajaran dengan menerapkan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi menghargai jasa dan peran tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Kecamatan Simo Tahun Ajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2016 06:24
Last Modified: 29 Mar 2016 06:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item