Saifudin, Saifudin (2018) MANAJEMEN WISATA RELIGI. Trussmedia Grafika.
Text
Manajemen Wisata Religi.pdf Download (4MB) |
Abstract
Buku ini mencoba mengupas bagaimana daya tarik wisata religi di Indonesia yang merupakan anugerah yang dimiliki bangsa Indonesia, dalam konteks ini sebagai acuan bagaimana mengelola wisata religi yang demikian keragaman budaya dengan potensi yang demikian sempurna. Pengembangan pariwisata religi dapat memberikan manfaat sebesar-besarnyabagi pembangunan, maka dalam pelaksanaannya dibutuhkan strategi yang terencana dan sistematis agar kepuasan serta loyalitas pengunjung dapat terbentuk. Arti penting wisata religi yang dimaksud disini bukan hanya bersenang-senang dan mencari hiburan saja artinya bersenang-senang dan mencari hiburan diperbolehkan dan halal tetapi yang lebih penting adalah memperluas wawasan untuk menyaksikan ayat-ayat kebesaran Allah yang tersebar di persada bumi ciptaan Allah ini, seperti mengunjungi masjid bersejarah atau makam orang saleh sebagai wisata rohani atau wisata spiritual. Dengan menyaksikan keindahan alam kemanapun mata memandang dapat merasakan wisata rohani yang indah, dan mata hati dapat melihat dengan jelas keindahan sang pencipta, pelukis agung yang Maha Indah. Ada hal menarik dari wisata religi Islam yaitu kegiatan ziarah yang dijadikan sebagai salah satu kegiatan keberagamaan dan memiliki makna psikologis bagi para peziarahnya. Hal ini dilihat dari beberapa hasil penelitian, sebagian besar para peziarah melakukan ziarah ketika mereka mengalami kegundahan, kesedihan, kegalauan, bahkan putus asa. Usai berziarah mereka merasa mengalami suatu pencerahan, semakin merasa dekat dengan Allah, semakin optimis menjalani kehidupan, dan beban hidup terasalebih ringan. Kondisi demikian memengaruhi upaya untuk menemukan jalan keluar atas permasalahan yang sedang dihadapi. Salah satu perangkat lembaga bisnis Islam untuk menghadapi kuatnya persaingan adalah dengan mengembangkan berbagai produk dan layanan yang berkualitas tinggi serta lebih Islami untuk di tawarkan kepada pelanggan. Hal ini merupakan alasan bahwa ada kebutuhan bagi lembaga bisnis Islam untuk menggunakan program kualitas layanan Islami.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 08:00 |
Last Modified: | 19 Dec 2019 08:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6848 |
Actions (login required)
View Item |