PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELUARGA NIKAH BEDA AGAMA DI DUSUN NGIPIK DESA CANDI KEC. BANDUNGAN KAB. SEMARANG TAHUN 2015

bahrin, rin (2016) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELUARGA NIKAH BEDA AGAMA DI DUSUN NGIPIK DESA CANDI KEC. BANDUNGAN KAB. SEMARANG TAHUN 2015. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img]
Preview
Text
Persepsi Masyarakat Tentang Pendidikan Agama Islam Pada Keluarga Nikah Beda Agama Di Dusun Ngipik.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bahrin. 2015. Persepsi Masyarakat Tentang Pendidikan Agama Islam Pada Keluarga Nikah Beda Agama di Dusun Ngipik Tahun 2015. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Mukti Ali, M.Hum. Kata kunci: Persepsi Masyarakat, pendidikan agama Islam dan keluarga Nikah Beda Agama. Penelitian ini dilatar-belakangi oleh dua keluarga yang menikah beda agama di Dusun Ngipik yang mana orang tua dari pasangan beda agama tersebut beragama Isam. Namun kenapa orang tua tersebut membolehkan anaknya menikah pada pasangan yang berbeda agama. Sedangkan pendidikan agama Islam ditengah- tengah keluarga adalah hal yang sangat mutlak adanya. Maka itu adalah masalah tersendiri bagi keluarga khusunya dan bagi masyarakat dalam peranan lingkunganya. Di dalam masyarakat sudah tentu tidak akan lepas adanya interaksi tehadap warga lingkungan, serta mengedepankan sikap kegotong-royongan khususnya di daerah pedesaan seperti Dusun Ngipik ini. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah persepsi masyarakat pada keluarga beda agama? 2) Bagaimanakah pendidikan agama Islam pada keluarga beda agama? 3) Bagaimana perilaku pelaku nikah beda agama di dalam masyarakat? Tujuan dari penelitian ini adalah; Untuk Mengetahui persepsi masyarakat tentang keluarga beda agama. Mengetahui pendidikan agama Islam pada keluarga nikah beda agama. Mengetahui keluarga nikah beda agama dalam bermasyarakat. Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku ini dapat diamati dari fakta-fakta yang ada saat ini. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: persepsi masyarakat tentang pendidikan agama Islam keluaraga beda agama di Dusun Ngipik ada yang memandang positif dan ada yang memandang negatif. Masyarakat berpandangan positif karena salah satu keluarga tersebut dapat menghargai lingkungan, sanggup mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada, baik sosial maupun agama, sedangkan yang berpandangan negatif karena keluarga tersebut tidak sepenuhnya mengikuti ajaran agama Islam, yang berakibat pada kegiatan-kegiatan sosial mereka ada batasan. Dilihat dari pandangan masyarakat tersebut maka perlu adanya pendidikan agama Islam agar tercipta keluarga yang sakinah, mawadah warahmah, dan sosial yang baik diantaranya pendidikan akhlak, pendidikan toleransi, pendidikan keagamaan dan pendidikan amar ma’ruf nahi mungkar. Kemudian perilaku yang ditunjukkan oleh keluarga beda agama berbeda-beda ada yang positif, bersifat baik dengan keluaraga maupun masyarakat namun ada yang berpendapat negatif, karena sikap keegoisan dalam peranan keluarga maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2016 06:32
Last Modified: 29 Mar 2016 06:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item