PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA

NURKHOLIS, AKHMAD (2020) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Lengkap.pdf

Download (31MB)

Abstract

Orientasi pembelajaran Kurikulum 2013 sebagaimana sintaksnyasemestinya berpusat pada peserta didik, namun pada kenyataannya masih banyakyang berpusat pada pendidik, bahan ajar yang digunakan juga masih terbatas,Lembar Kerja Peserta didik yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan, danguru belum mengembangkan bahan ajar berupa modul secara mandiri. Penelitianini bertujuan: (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan modul; (2)mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan; dan (3) mengetahuikeefektifan, kepraktisan, dan kemenarikan modul dalam pembelajaran.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yangmenggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Analysis dilakukan untukmenganalisis kebutuhan pengembangan Modul Matematika dengan PendekatanKontekstual; Design merupakan perancangan produk berupa modul; Developmentmerupakan pengembangan modul yang selanjutnya dinilai kelayakannya oleh ahlimateri dan media guna perbaikan; Implementation penerapan modul sebagaibahan ajar pembelajaran; dan Evaluation merupakan hasil evaluasi yangmenunjukkan bahwa Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual layakdigunakan. Jumlah subjek penelitian adalah 22 peserta didik sebagai kelas ujicobadan 22 peserta didik sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan teknikdeskripsi kualitatif dan kuantitatif. Jenis instrumen yang digunakan adalah angketuntuk menilai kelayakan modul, dan soal pretest dan postest untuk pengumpulandata nilai peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan informasi sebagai berikut, (1) modulmatematika dengan pendekatan kontekstual dibutuhkan guru dalam pembelajaran;(2) modul berhasil dikembangkan layak diujicobakan dalam pembelajaran,terbukti praktis, dan menarik dalam penggunaannya; (3) modul matematikadengan pendekatan kontekstual terbukti efektif, praktis, dan menarik digunakandalam pembelajaran dan menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar padapembelajaran menggunakan modul dengan pembelajaran tidak menggunakanmodul (hasil uji independent samples T Test p = 0,042 < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2019 06:15
Last Modified: 05 Mar 2020 07:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6850

Actions (login required)

View Item View Item