HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK AL FALAH SALATIGA TAHUN 2015/2016

JANAH, NUR (2016) HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK AL FALAH SALATIGA TAHUN 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR JANAH (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Janah,Nur. 2015. Hubungan Penggunaan Metode Index Card Match Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam SMK Al Falah Salatiga Tahun 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Maryatin. M.Pd. Kata Kunci: Metode, Index Card Match, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penggunaan metode Index Card Match siswa SMK Al Falah Salatiga tahun 2015/2016, (2) Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Al Falah Salatiga tahun 2015/2016, (3) Adakah hubungan penggunaan metode Index Card Match dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Al Falah Salatiga tahun 2015/2016. Selanjutnya untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi korelasional. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 157. Dengan pengambilan sampel sebanyak 60 responden. Kemudian metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Selanjutnya data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan rumus product moment yang kemudian disajikam dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan metode Index Card Match dalam kategori tinggi 10 siswa dengan persentase 16,67%, kemudian dalam kategori sedang 35 siswa dengan persentase 58,33%, dan yang termasuk dalam kategori kurang 15 siswa dengan persentase 25%, (2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa dalam kategori tinggi 18 siswa dengan persentase 30%, kemudian dalam kategori sedang 24 siswa dengan persentase 40%, dan yang termasuk dalam kategori kurang 18 siswa dengan persentase 30%, (3) Hubungan penggunaan metode Index Card Match dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMK Al Falah Salatiga tahun ajaran 2015/2016, dibuktikan dengan hasil perhitungan koefisien korelasi product moment yaitu rxy hitung sebesar 0,237 sedangkan r tabel product moment dengan N= 60 dengan taraf signifikan 1% yaitu 0,330 dan rxy hitung yang lebih kecil dari r tabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0,254. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara penggunaan metode Index Card Match dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Al Falah Salatiga tahun 2015/2016. Maka hipotesis yang diajukan ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:23
Last Modified: 29 Mar 2016 07:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item